Info 10 Tanda-Tanda Kucing Kamu Akan Mati...

10 Tanda-Tanda Kucing Kamu Akan Mati

Posted on

Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan yang sedang sakit mungkin kamu harus tahu apa tanda-tanda kucing akan mati supaya setidaknya kita sebagai pemilik kucing bisa memberikan perawatan yang maksimal sebelum kematian menjemputnya. Nah, ada beberapa pemilik yang tidak tega melihat detik-detik kematian kucing (sakaratul maut) sehingga ia lebih memilih untuk merawat kucing sampai akhirnya mati.

Tanda-Tanda Kucing Akan Mati

tanda tanda kucing akan mati
Gambar Tanda tanda kucing akan mati

1. Kucing Menjadi Pasif

Jika kucing sudah mendekati kematianya atau sedang dalam kondisi sakit yang sangat parah maka kucing kamu hanya bisa berbaring saja dan tidak bergerak seolah-olah sulit menggerakkan badannya. Nah, ini tanda bahwa kucing akan mulai mengeras dan kaku di seluruh tubuhnya.

2. Kucing Tidak Bersuara

Kucing tidak bersuara juga salah satu tanda ia mendekati kematian, tenaga kucing menjadi sangat lemah yang membuat ia sangat sulit untuk mengeluarkan suara. Ada juga ia mengeluarkan sesekali suara ckup keras dan biasanya karena rasa sakit yang ia alami menjelang kematianya. Namun, jika suaranya semakin mengecil maka kematiannya sudah semakin dekat.

3. Penurunan Suhu Badan dan Denyut Jantung

Kucing memiliki suhu rata-rata 36 derajat celcius dan akan semakin menurun jika sudah mendekati kematian, denyut jantungnya pun juga semakin lama semakin melemah. Untuk denyut jantung biasanya semakin tidak teratur sebelum akhirnya benar-benar tidak berdenyut lagi.

4. Perubahan Karakter

Kalau kucingmu memang sudah terbiasa mudah untuk dipegang, mungkin saja kucingmu berubah menjadi pemarah dan tidak mau dipegang karena sedang kesakitan. Ada kasus lain, bisa saja jika kucingmu biasanya mandiri dan sering keluar, sekarang jadi selalu mencari perhatian dan ingin ditemani kamu.

5. Bersembunyi

Kucing yang sudah tahu bahwa ia akan mati. Biasanya si kucing yang sedang sakit akan mulai mencari tempat yang dianggapnya sangat nyaman, kadang bisa sangat jauh dari pemiliknya jika kucingmu biasa keluar rumah. Kucing akan mencari tempat yang memang benar-benar tidak panas, teduh atau mungkin gelap. Bisa saja di bawah kendaraan, dibawah tanaman, dibawah eternit, di bawah kasur, di bawah kursi, atau bahkan di gudang kamu.


6. Perubahan Pola Makan

Kucing yang sedang sakit atau bahkan sekarat sampe tidak mau makan dan minum, bahkan sampe diberi makanan kesukaanya pun tetap tidak mau makan. Jika kucingmu tidak mau makan 2-3 kali jadwal makan secara berurutan, coba kamu bawa ke dokter untuk diperiksa agar kucingmu tertolong.

7. Perubahan Penampilan

Kucingmu juga bisa berubah wujud menjadi lebih kusut dari biasanya serta tidak punya energi untuk grooming sendiri. Jika kucingmu akan mati, biasanya matanya terlihat seperti buta, artinya dia sedang mengalami kejang-kejang atau sakaratul maut.

8. Kejang-Kejang

Tanda-tanda kucing akan mati lainya yaitu kejang-kejang atau sekarat. Ini memang sangat menyedihkan jika kamu melihat hewan peliharaan kamu akan mati, jadikan alasan kamu yang kuat untuk mulai mempersiapkan tempat yang aman serta nyaman untuk kucing kamu, karena kejang bisa membuat kucingmu terlihat seperti kaku serta tidak nyaman, dan bisa melukai dirinya sendiri tanpa ia sadar. Kejang ini biasanya akan terjadi beberapa jam sebelum kematianya.

9. Nafas Tidak Beraturan

Kucing kamu juga bisa kapan saja bernapas secara keras atau sampe berbunyi. Dan ini mungkin terjadi kucing kamu membuka mulut serta mengeluarkan lidahnya.

10. Menghilangkan Jejak

Tanda lainya kucing kamu akan mati yaitu pergi tanpa ada yang tahu. Nah ini bisa mengetahuinya lebih awal,  maka dari itu kamu juga harus siap mental untuk kehilangan hewan peliharaan kamu dan pastinya itu sangat membuat kamu sedih dan kecewa.

gambar kucing mati
Gambar kucing sudah mati

Mengucapkan selamat tinggal memang tidak pernah menjadi hal yang mudah untuk kalian pecinta kucing yang memang sudah menemani hari-hari dan menjadi anggota keluarga kalian. Tetapi ini bisa saja merupakan sesuatu yang patut disyukuri. Jika kamu mengetahuinya lebih awal, kamu bisa membuatnya lebih nyaman dengan menemani serta mengungkapkan betapa kamu menyayanginya, dengan mengelusnya lembut, dan ada diana ketika ajal menjemput kucing kesayangan kamu.

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

    tanda kucing akan mati, tanda tanda kucing akan mati, ciri kucing akan mati, kucing mati pertanda, ciri ciri kucing akan mati, ciri ciri kucing mau mati, tanda anak kucing mati dalam perut, kucing mati, foto kucing mati, tanda tanda kucing mau mati

27 thoughts on “10 Tanda-Tanda Kucing Kamu Akan Mati

  1. Terima kasih atas pencerahaannya… Ketika membaca Artikel ini, kami sekeluarga sedang dalam kesedihan yg sangat karena kucing kesayangan kami satu2nya, si Muy menunjukkan gejala yg sama. Ya Allah.. Beri kami kekuatan.

  2. Terima kasih atas ceramah itu tadi.semua yg di katakan ialah benar sya baru kehilagan kucing pada 19/5/2017.dia mati pada tepat pukul 5:30pm di depan mata saya.dia ialah kucing yang saya palig sayang.saya sagat sedih sebab x tahu dia sakit ape.tapi selepas baca blog ini sya rasa tenang kerana tahu segala galanya.sekarang saya dah tiada kucing kerana saya ade seekor sahaja itupun baru meniggal.harap saya dapat jumpa kucing saya di akhirat nanti.

  3. Kalau kucing kurus, enggak ada nafsu makan, bulu rontok, cuma duduk saja. Itu artinya apaya tapi disaat ajak main, dia main kok baik” aja.. yg bikin saya kawathir adalah mereka kagak mau makan, disuapin enggak mau, itu gimana cara ngatasinnya?

    1. Ganti makanan yang cocok dengan sikucing. Mungkin kucing kamu bosan dengan makanan yang sebelumnya. Atau mungkin terkadang kucing sedang malas makan. Biasanya sehari

  4. Kucingku si pussi kaki kirinya tbtb pincang,susah jalan. Trus aku taro dikardus dialasin kasur,dia ga bergerak,tapi masih hidup,biasanya setiap aku panggil selalu nyamperin ini mah engga,tapi aku kasih ayam tetep dimakan, minumnya dia gamau.biasanya dia suka gigitin aku sekarang udh engga.ini kira2 sakit apa yah?

    1. pincang karena apa? coba cari tahu penyebabnya. selama kucing masih mau makan dan minum tetap aman dan akan semakin membaik kondisinya. identifikasi terlebih dahulu baru bisa mengerti kucing sakit apa karena kalau cuma tiba-tiba pincah masih belum bisa disimpulkan dan mungkin saja karena memang pernah kejempit kakinya dan lain sebagainya

  5. sampe hari ini kami sekeluarga masih belum dapat menghilangkan kesedihan . Si anyun yg baru ber umur 1 tahun sudah meninggalkan kami.. karena terserang virus.. saat di bawa ke dokter…dokter sudah sedikit menyampaikan kata semoga panjang umur..tp Allah berhendak untuk pulang si anyun…

  6. Min mau tanya, jika anak kucing baru lahir dan 7 jam kemudian mati apakah akan berpengaruh pada anak kucing lainnya? Terus apakah induk kucing memberi sinyal kepada majikan jika anaknya mau mati atau sedang sakit?

    1. tidak akan berpengaruh oleh kucing lainnya dan kalo bisa segera dipisahkan kucing yang sudah mati dan cepat di kubur, karena biasanya indukan akan selalu mencari anaknya yang mati. Sebenarnya memang seperti memberi tanda tetapi itu bukan untuk anaknya yang mau mati biasanya karena sakit atau mungkin sedang mencarinya untuk diijilatin, disusuin dan lainnya.

  7. saya mau tanya,kucing saya muntah dan badannya panas,saya pikir diia demam tapi area bibirnya menghitam,itu kenapa ? tolong .. saya gamau kehilangan kucing ini . saya harus mengobatinya bagaimana

  8. Aku punya kucing baru ras himalaya umurnya baru 4 bulan , udah 2 hari ini dia ga mau makan padahal udah dikasih nutri gel buat naikin nafsu makannya. Udah di suapin juga tetep gamau terus dia juga tidur terus kemarin sempet ke vet katanya karna setres, aku ga tega soalnya dia ga mau makan dan kadang makannya cuma sedikit banget. Cara penanganannya gimana yaa?

  9. MIn mau tanya nih. Kucingku udah seharian ini gak mau makan. Makanan udah aku ubah. Udah aku coba kasih mkanan basah juga ttep gak mau. Minum pun cuma dkit banget. Aku buatin susu gk mau. Kakinya bengkak mngkin karna dibuat maenan sama anak kecil tetangga rumah. Gimana buat dia mau makan lagi ? Dia tdur trus soalnya.

  10. Dear all beberapa waktu lalu kitten saya kejang-kejang hampir mau mati karena Gembul terkena distemper juga dari gemuk jadi kurus. Alhamdulillah sudah membaik & kembali gemuk, sudah aktif main lagi. Sebulan kemudian saat ini lesu lagi ttp makan & minum, kakinya pincang 3 hari kemudian sy baru sadar kakinya bengkak entah kukunya patah, kena paku atau apa. Kira-kira obat apa yaa? Salep jenis apa atau obat minum apa untuk menghilangkan rasa sakit. Tolong bantu infokan ya teman” ini kontak WA sy 083898930027. Urgent. Terima kasih

  11. Minnn saya mau tanya kucing sayaa matanya tertutu selaput berwarna putih sehingga penglihatannya hanya sedikit terlihat bola matanya, apa yang perlu saya lakukan? Apa itu bahaya?

  12. Jadi sedih bacanya. Kucingku barusan mati setengah jam yg lalu. Padahal sampe kemaren sore masih lincah. Habis maghrib dia mulai lesu & gak mau makan. Tapi gak pake muntah ataupun diare. Udah berusaha suapin dia pake makanan basah. Dikit2 ditelan. Tapi terakhir dia muntahin dan sebelumnya dia sempat buang air besar di bak pasirnya. Kotorannya normal. Tapi beberapa menit kemudian dia mati. Tadi sekitar jam 12.30 an. Sebulan sebelumnya sodaranya juga mengalami hal yg sama. Sudah dibawa ke dokter & sampaikan keluhan2annya tapi gak ada tindakan apapun. Cuma disuntik vitamin doang. Malah jadi tambah parah dan selisih beberapa akhirnya mati.

  13. Saya udh ngerasain kesedihan itu 5 kali dan setiap kematian kucing peliharaan, pasti 1 hari saya nangis di kamar dan besoknya mata langsung sembab , pas ngeliatnya g tega apalagi liat pas nguburnya , begitu liat makamnya aja udh mau nangis lagi

  14. Kok kucing saya gak mau makan udah di kasih daging ikan,ayam tapi dia tetep gak mau terus dia tidurnya juga kenapa selalu di kamar kakek saya biasa nya dia tidur sama saya dikamar saya itu kucing nya kenapa ya

    1. permisi sblmnya, kakek masih ada kan? kalo masih brarti akan menandakan sesuatu. dan kemungkinan lainnya memang kucing kamu ingin beristirahat di tempat yang ia sukai. Yang penting cek bagian hidung dan telinga, jika hidung basah, hangat dan merah serta telinga kucing merah hangat brarti kucing kamu masih sehat.

  15. Selamat jalan mengky & boy.. kucing kesayangan keluarga. Hiks.. hiks .. hiks …
    Mengky ( meninggal 22 -6-2017)
    Boy ( meninggal 23-6-2017 )

  16. Ya tuhan, Setelah baca artikel ini saya tau.
    Semua Yang dikatakan di atas terjadi pada kucing saya, apa saya harus siap Untuk kehilangan kucing saya ? :'(

  17. Kucingku baru meninggal kemarin (24 Juni 2017), hampir seminggu rawat inap di klinik tp gaada perubahan yg signifikan, sedih bgt nangis ga selesai2. RIP Bubu:”(

  18. Min, saya mau tanya. Apa benar kucing akan kehilangan nafsu makan sampai bisa mati karna sering dipeluk, diajak tidur sama sama. Saya nggak mau kehilangan kucing kesayangan saya

    1. tidak, mungkin sudah takdirnya.
      kucing saya tiap hari tidur sama saya, makan minta di temenin, kemana mana sama saya. tapi ga sampe tuh kehilangan nafsu makannya.
      karna porsi waktu untuk makan, istirahat dan bermain terjadwal secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *