Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan (AMPUH!)

Posted on

Kucing tidak mau makan ini akan menjadi permasalahan tersendiri untuk para pemilik kucing(catlovers). Penyebab kucing tidak mau makan akan sedikit susah diketahui. Mungkin kalau manusia akan lebih mudah kita ketahui apa penyabab dan kenapa tidak mau makannya. Nah kalau kucing mereka pastinya tidaklah bisa berbicara dalam bahasa manusia bukan?

Kucing berbeda dengan hewan yang lainnya lho, dosage ia bisa lebih rentan atau mudah terkena penyakit jika tidak mau makan satu hari saja. Kenapa? Umumnya hewan yang tidak makan, energy atau tenaga yang dihasilkan untuk proses fisiologi tubuh tetap tersedia dari pembakaran lemak yang disimpan pada jaringan tubuh si hewan tersebut. Namun untuk itu kucing sangat tidak efisisien.

Terus, kenapa kucing saya tidak mau makan?

kucing tidak mau makan
Gambar kucing tidak mau makan ikan

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Jadi jika kucingmu tidak makan, maka organ hatinya bisa rusak layaknya fungsi hati pada manusia dan pada akhirnya kucingnya bisa mati. Aduh, jangan sampai hal yang tidak diinginkan terjadi !

Menurut sumber terpercaya yang kami dapatkan, pada saat proses pembakaran lemak pada kucing. Ada semacam perubahan metabolisme yang menyebabkan rusaknya jaringan organ di hati yang bisa disebut dengan Hepatik Lipidosis.

Berikut adalah penyebab-penyebab kucing milikmu tidak mau makan yang mungkin sedang dialaminya:
  1. Makanan
    Mari kita lihat dulu dari makanan yang kita berikan. Apakah kamu selalu memberi makanan yang itu-itu saja? Jika iya pasti mereka bisa merasa sangat bosan. Kita juga sebagai manusia sekaligus pemilik kucing tentu merasa bosan jika dihidangkan makanan yang sama setiap hari.
  2. Nafsu makan
    Apakah kucingmu sudah terlihat senang untuk makan, coba perhatikan. Jika sudah melakukan banyak hal namun masih belum berhasil, mungkin dia kurang vitamin.
  3. Penyakit mulut
    Coba kamu periksa kucingnya, apakah ada luka di mulutnya atau mungkin bau yang kurang sedap dibanding biasanya.
  4. Masalah sistem pencernaan
    Tadi kita sempat dibahas pada awal artikel bahwa metabolisme tubuh dalam kucing itu kurang baik, tidak seperti binatang lainnya. Biasanya masalah yang ini disebabkan seperti adanya benda asing yang masuk kedalam tubuh kucing, ada radang, parasit atau sebagainya.
  5. Bosan
    Bosan merupakan salah satu alasan sebagian orang untuk malas makan, begitu juga dengan kucing. Kasus ini terjadi untuk banyak ras kucing khususnya kucing persia dan biasanya kucing cenderung lebih suka tidur dibanding biasanya.
  6. Sakit
    Kucing juga bisa terjangkit sakit, kalau kucing sedang sakit biasanya kucing tidak mau makan dan muntah atau lemas.
  7. Stress
    Sudah merasa bosan,stress. Wuedan, kasian banget si kucingnya. Coba lebih perhatikan hal yang membuat kucingmu merasa stress. Umumnya terdapat 2 faktor yaitu lingkungan dan tekanan. Untuk lingkungan apakah kamu baru saja mengadopsi kucing tersebut atau tidak? Kalau iya, berarti kucing itu belum beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang masih asing menurut kucing itu.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Kemudian apakah kucingmu sedang dalam fase birahinya? Kucing yang sedang dalam masa-masa birahi atau ingin kawin biasanya rentan tertekan dan terjadi penurunan rasa nafsu makan, apa lagi jika dia tidak punya pasangan kawin(Jomblo), suasana hatinya akan sangat kacau dan dia bisa langsung stress. Sangat Banyak cara mengatasi kucing tidak mau makan, seperti:

  1. Berikan variasi pada makanan kucing
    Dengan memberi varian makanan yang bermacam-macam ini bisa membuat kucingmu tidak bosan dengan makanan yang dihidangkan oleh pemilik kucing, cocok sekali untuk si kucing yang bosan dengan makanan itu-itu saja.Anda dapat mensiasatinya dengan mencampurkan makanan kering dengan makanan basah kalengan khusus untuk kucing seperti frieskies atau whiskas agar merangsang nafsu makan kucing anda.Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, anda juga dapat memberikan makanan dengan merk Science Diet.Selain aroma yang dimiliki makanan jenis ini lebih tajam namun kandungan nutrisi di dalamnya lebih lengkap. Namun perlu kita ketahui, makanan merk Science Diet ini hanya boleh diberikan sesekali saja dan pastinya bukan setiap hari.Walaupun makanan basah dapat merangsang nafsu makan kucing, akan tetapi juga memiliki dampak negative juga apabila diberikan setiap hari yang dapat menyebabkan karang dan flek yang berlebih pada gigi kucing.
  2. Pancing nafsu makan
    Caranya bagaimana? tahukah kamu? Mudah kok, dengan cara menyodorkan atau memberi makanan ke dekat hidungnya atau dengan cara mengoleskan daging atau makanan basah kucing di mulut atau hidungnya. Bau makakanan yang lezat dan mantap diharapkan dapat memancing nafsu makan kucing.
  3. Suapi kucingmu
    Jika kucingmu sakit atau lemas, cobalah untuk menyuapi kucingmu supaya akan tetap mendapatkan asupan makanan yang cukup. Kamu juga bisa menggunakan sendok kecil, tangan maupun syringe(suntikan tanpa jarum) dan tentu makanan yang diberikan tergolong makanan basah atau kalengan.Tapi kalau kamu hanya punya makanan kering, saya sarankan untuk menghancurkannya dengan air hangat agar lunak.Oh iya, hati-hati dalam menggunakan syringe! Kamu harus memperlakukan kucingmu dengan sangat lembut, pegang kepala kucing lalu masukkan suntikan makanan cair dari samping mulut si kucing dan tekan suntikan secara perlahan, supaya kucing bisa menelan makanan tersebut. Jangan disemprot ya, nanti kucingnya bisa tersedak.
  4. Obat penyakit mulut
    Jika kucingmu terkena penyakit mulut, kamu bisa gunakan obat manusia untuk mengobatinya.
  5. Beri vitamin
    Berikan vitamin yang mengandung vitamin B kompleks dan lysin (asam amino lisin) yang dapat dibeli di apotik terdekat seperti Biolysin, Lysmin atau Becombion dan biasanya takaran untuk anak-anak.Vitamin tersebut selain berguna untuk menambah nafsu makan, juga berkhasiat juga untuk mencegah virus herpes atau Flu Kucing.Namun, sebelum memberikan vitamin pada kucing. Usahakan beri dia makan sedikit atau bisa sediakan makan di dekatnya. Ini untuk mencegah iritasi pada lambung kucing dan supaya dia tidak muntah.
  6. Ajak dia bermain
    Mungkin saja kucingmu jarang bermain atau melakukan aktivitas, usahakan dari awal kamu mengadopsi atau memeliharanya ia sudah lebih dibiasakan untuk bermain-main supaya dia aktif dan tidak cepat bosan, tentu ini akan berpengaruh terhadap nafsu makannya.
  7. Berikan tempat yang nyaman
    Bagi kucing yang baru kamu adopsi, tentu dia akan mengalami fase tertekan karena lingkungan yang masih asing. Coba anda buat lingkungan tempat tinggalmu dan si kucing tentunya dengan senyaman mungkin.Kalau bisa, jauhkan dari kucing nakal atau galak yang mungkin malah akan mengganggu ia untuk beradaptasi. Jika sudah terasa lebih baik, beri makan secara teratur.
  8. Tube Feeding
    Sesuai namanya, tube feeding merupkan pemberian makan dengan cara memasukan makanan ke daam perut langsung melalui selang. Cara yang ini hanya untuk keadaan darurat saja jika berbagai usaha yang sudah kamu coba. Dan kalau bisa selalu konsultasikan dengan dokter atau yang lebih ahli dalam kesehatan kucing.
  9. Bawa ke dokter
    Jadilah pemilik kucing yang penyayang, jika kucingmu sakit, memiliki masalah lambung atau masalah yang tidak kamu ketahui dan kucingnya masih tidak mau makan juga. Segeralah kunjungi deokter hewan, jangan gegabah atau terburu-buru menangani kucing yang takutnya malah menambah masalah sendiri.
Dalam memelihara hewan, kucing khususnya memang tidak mudah. Ada beberapa hal khusus yang harus kamu lebih perhatikan supaya kucingmu mau makan dan sehat. Tentu membuat kita merasa senang juga sebagai pemilik kucing yang bertanggung jawab.

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

    kucing tidak mau makan, penyebab kucing tidak mau makan, kenapa kucing tidak mau makan, kucing sakit tidak mau makan, cara mengatasi kucing tidak mau makan, kucing tidak mau makan dan muntah, mengobati kucing sakit, kucing susah makan, cara merawat kucing sakit, kucing lemas

60 thoughts on “Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan (AMPUH!)

  1. kucing ane masih kecil tapi kaya gada semangat hidup,gamau makan,dan dia nyakarin anak2 nya :’ itu gimana ya ?

    1. kalo kucing tidak mau makan. saya rekomendasikan untuk membaca artikel Cara mengatasi kucing tidak mau makan , itu indukan ya mba? bisa saja kucing stres , kalo begitu saran saya pisahkan kucing tersebut dengan anakan. karna bisa saja tertular jika kucing tersebut menghidap penyakit.
      Coba kucing yang tidak semangat hidup dibawa ke petshop untuk diberikan obat. karna jika penangananya tidak benar bisa berakibat fatal.
      sementara itu dulu, selanjutnya bisa ditanyakan lagi setelahnya.

  2. Gan.gimana ya kalo kucing saya lemes banget.suka tidur terus.dia minta makan saya kasih,malah ngak mau,gimana gan

  3. Aku baru adopsi kucing persia nih umurnya hampir 3bulan, dia susah banget makan. Waktu pertama dtg banyk minum air putih tp aku seneng pas paginya dia mau makan tp setelah itu dia gamau makan lagi. Aku udh kasih wishkas, bahkan makanan basah sampe susupun dia gamau. Minum air putih jg jarang. Aku harus bagaimana ini aku gamau dia mati. Tolong bantu aku

    1. wah kalo gitu mending langsung bawa ke dokter hewan saja mba. kalo memang kondisi sudah sangat parah.
      tetapi jika tidak begitu parah bisa lakukan cara-cara mengatasi kucing tidak mau makan di website ini. silahkan gunakan fitur pencarian.
      semoga kucing kamu cepet sembuh. aminnn

  4. Kucing aku buntutnya putus jd badanya lemes dan gk nafsu makan .. bagaimana cara menyembuhkan luka buntut yg masih basah ???

    1. kalau tidak nafsu makan silahkan baca artikelnya cara mengatasi kucing tidak mau makan di website ini, atau bisa gunakan fitur pencarian.
      kalau untuk mengeringkan lukanya bisa di bersihkan dahulu dengan rivanol kemudian bisa dikompress. untuk luka basah bisa gunakan obat untuk manusia juga bisa oleskan pada ekornya. kalo bisa jemur setiap hari di pagi hari dari jam 8 sampe jam 10 atau secukupnya saja. semoga kucing cepat sembuh. kalau blm ada perubahan silahkan bawa kucing ke dokter hewan secepatnya

  5. Gan . Klo kucing saya akhir akhir ini lemes . Terus suka ninggalin anak nya gk tau kenapa . Jadi anaknya mati , tapi bukan karna kelaparan , tapi karna lehernya digigit kucing laen . Memang sih kandangnya di tarok luar rumah tapi di atas meja . Dan dia gk nafsu makan bukan karna anaknya mati . Tapi sebelum nya dia udah lemes . Saya udah cek mulut dan hidungnya . Gak ada masalah kok . Tapi pas saya kasih makan dia malah pergi . Padahal makanannya tiap hari beda .. kenapa ya gan??

    1. itu karna makananya tidak cocok dan tiap hari ganti. memang seharusnya dari awal tidak diperbolehkan ganti-ganti pakan kucing. jika kucing sudah pernah makan pakan kucing paling enak maka dikasih pakan di bawah level itu tidak mau maunya yang paling enak. maka dari itu biasakan kucing dengan pakan itu saja jangan ganti-ganti karna kalo ganti-ganti bisa bikin kucing mencret, tidak mau makan dan lain sebagainya.

  6. KUCING SAYA ANAKAN UMUR 3 BLN BADANNYA KURUS SOLUSINYA MAKANNYA BAGUS AJA SEKARANG MAKANNYA MEO KITTEN SDH TAK OBAT CACING

  7. Sudah dicoba segala cara di atas, tapi kucing saya tetap tidak mau makan dan lemas. Ingin dibawa ke dokter, tapi nggak ada biaya. Ada saran alternatif apa yg harus dilakukan? Kucing saya baru 3 bulan

  8. Kucing aku udh 4hari ini sakit lemes banget sampai kurus tinggal tulang. Awalny cuman demam biasa lama kelamaan dia gk mau makan. Suaranya hilang, matany tetutup bnyk kotoran. Udh dibersihin eh pasti ad lagi. Kasiann lihatnya 🙁 tolong kk ap yg hrus ak lkukan?

  9. Kucing saya mulutnya ada yg luka . Jadi dia ngk mau makan beberapa hari ini . Aku bingung mau ngapain. .. Aku coba dia aku kasih makanan basah . Sapa tau dia bisa makan . Tpi pas mau di suappin dia mlahh memberontak ngk mau ..

  10. Kucing saya udah dua hari ini lemes, muntah berwarna kuning dan muntah air, disuguhi makanan noleh pun nggak mau. Dua hari ini dia tidak mengeong. Jalan pun terhuyung2, tidur terus. Gimana nih caranya? Aku nggak mau dia mati. Udah setahun aku rawat

  11. kucing saya biasa maen malem pulang pagi, tapi kali ini beda bro, dia tiba2 lemes 2 hari ga makan ga minum, jalan sekarang ga kuat ya tuhan…
    sedih banget, dia di kasih daging cuma di cium2 aja, gak di makan sama sekali please min bantu ane ngobatin si manis ane yang lagi sakit min

    1. kasih makanan kesukaanya, kalo kucing diluar udah lama atau biasa juga akan terbiasa makan serangga” di luar sana.
      atau bisa keracunan karna kita lepas kontrol.
      bawa ke petshop jika memberikan makanan kesukaanya tidak mau dimakan dan biasanya kucing kecapean ingin beristirahat.

  12. Mau tanya nih kucing saya kan flatnose nah di mau makan dan mau minum tapi diare ajh sampe kurus banget bagaimana cara nya lur biar gemuk lagi

  13. mau tanya nih
    ko kucing saya ga mau makan sekalinya makan ga abis trus muntah” dan pupnya encer ,itu cara obatinnya gimana ya

  14. Kucingku lemas gak mau makan ada benjolan di perut bagian bawah besar,semenjak abis main kecoa dia gak mau makan lemes sampai kurus tulangnya hingga terasa di kulit jadi khawatir udh di kasi beberapa variasi makanan gimana solusinya

    1. langsung di bawa ke dokter hewan. karena kecoa memang hewan kotor dan terdapat banyak cacing di dalam perutnya yang bisa menembus kulit. lebih baik segera priksa kucing kamu. atau coba beri rumput untuk memuntahkannya kalau memang belum lama makan kecoanya. jika sudah lama bawa ke dokter

  15. Aku pnya kucing persia, baru adop kucing nya aktf makan bnyak, mnunya jga bnyak. Tpi stlah 4 blan dia gak mau makan dan jadi pendiam, di kasih makanan apapun gak di makan, bdan nya lemes dan bnyak diam. Knapa ya ?

  16. Skali lagi mau tanya, kucing ku perut nya besar, engga pup engga makan udah sminggu tapi cuma minum aja, mata nya berair. Knapa ya?

  17. Kucing aku awalnha sehatsehat aja, tapi kemaren dia kelahi sama kucing kampung yang lebih besar dari dia terus badannya berdarah sudah saya obati tapi besonya dia gakmau makan gakmau minum, malahan dia banyak ngeluarin cairan putih kayak lendir gitu dia lemes banget gimana cara mengatasinya?

    1. cairan putih lendirnya itu nanah. karena bekas luka yang tidak diobati sehingga infeksi. segera ke dokter hewan. atau bisa obati sendiri. pertama bersihkan dahulu lendirnya menggunakan kapas atau cotton bud yang sudah dilapisi dengan revanol atau antiseptik lainnya. jika sudah dibersihkan berikan betadine. kemudian berikan kapas serta iket dengan perban atau kain bersih. sblmnya pada kapas bisa diberikan betadine.
      setiap hari. pagi pagi diganti. pagi hari dilepas perbanya. dibersihkan lukanya kemudian jemur di bawah terik matahari. itu solusi untuk mengobati luka pada kucing

  18. Kak aku punya anakan kucing umurnya baru sebulan lebih, nah biasanya dia gak mau diem,tapi hari ini dia diem terus,gak mau makan padahal anakan yang lain mau. Dikasih ke induknya juga gamau nyusu. Jadi gimana ya kak?

    1. pertama lihat dahulu lingkungan sekitar anak kucing tersebut. apakah berudara dingin? lembab? kotor atau bagaimana? karena anak kucing mudah terserang penyakit dengan beberapa faktor.

  19. Kak pnya saran gak buat hilangkan kutu kucingku,,kasian dia garuk2 trus ,,hbs ketular dr kucing liar

  20. Kak mau tanya, kucing gua knpa ya malah nyakar2 d sktar piring makanannya? Mohon jwabannya kak.

  21. Gan, kucing saya baru diadopsi, dia gk mau makan atau minum. Tubuhnya kecil kurus gitu. Apakah ini normal untuk kucing yang baru diadopsi?

  22. Gan, kucing saya baru diadopsi, dia gk mau makan atau minum. Tubuhnya kecil kurus gitu. Apakah ini normal untuk kucing yang baru diadopsi? Soalnya dia juga pilek sekarang.

  23. Mhn info dng mpo2 abng2 nh.. Saya pnya ank kucing persia campuran anggora yg baru lahir 5 ekor.. Tetapi induk nya udh gme nyusuin. Ksh pendapat dng. .. Susu yg baik it apa y untuk kucing. Trmksh

    1. Sering dipegang gak anak kucingnya?soalnya aku punya anak kucing juga,kadang suka dipegang jadi induknya gamau.

  24. Gann kucing ane belekan sama pilek umur baru sebulan setengah, dia jadi ganafsu makan sama bawaanya tidur mulu, gimana ya cranya biar mau makan?

    1. sebenarnya belekan tidaknya itu tidak masalah, itu dikarenakan suhu yang dingin di area sekitar anak kucing.
      umur 1 bulan setengah masih menyusui induknya. jadi suruh si kucing nyusu induknya biar si kucing sehat dan tahan banting.

  25. ka aku mau tanya,kucingku sakit,udh beberapa hari kaya mencret2 terus setiap jalan mencret gitu terus,sampe skrng aku diemin,cuma semakin lama nafsu makannya hilang,sampe skrng udh gamau makan dan minum sama sekali,bahkan jalan pun lemes bgt,udah tidur terus skrng ga jalan2,bisa kasih solusi ga kak supaya sembuh?aku takut kenapa2bantu ka plis

    1. Sudah lakukan cara-cara mengatasi kucing tidak mau makan diatas? adakah perkembanganya? karna semua metode untuk mengobati atau mengatasi butuh proses dan tidak bisa seketika sembuh oleh karna itu si kucing harus selalu dipantau.

  26. Kak.. Kucing saya 3 hr yg lalu di mandikan, pulang dari pet shop dia langsung minum dan gak lama muntah, setelah itu gak mau makan ataupun minum sampai sekarang bahkan masih saja muntah. Sudah di bawa ke dokter hewan, katanya demam dan diare sudah di suntik sekaligus 2x dan diberi obat, tp tetap gak mau makan & minum sampai badannya lemas, gmn yah solusinya supaya dia bisa sehat lg, karena di kasih makan pun nolak, mungkin ada solusi lain atau krn ada sebab yg lain selain demam dan diare?? Trims

  27. Udah 3 hari kucingku gk mau makan,,, awalnya muntah” lemas dsb,,, tp sekarang cuman lemas doang,, dn gk lg muntah” lg,,, tp masih gk mau mkan,,, solusinya gimana y?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *