Mengenal Kucing Jenis Russian Blue

Posted on

Kucing Russian Blue – ras ini tidak diketahui kepastianya di daerah asalnya, tetapi beberapa ahli percaya bahwa kucing dengan bulu pendek dan berwarna biru ini hidup di semenanjung Laut Putih di Port Arkhangelsk pada awal abad ke-17.

Asal-Usul Kucing Russian Blue

asal kucing russian blue
Arkhangelsk Port
Menurut legenda, kucing ini adalah teman untuk Tsar (gelar bagi kaisar Rusia), dan kemudian dibawa ke Inggris oleh pelaut pada tahun 1860-an, dan mulai diperkenalkan di London dengan nama Russian Shorthair.
legenda kucing russian blue
Ilustrasi Dari Tsar
Ada juga teori lain yang menyebutkan bahwa kucing jenis ini asalinya berasal dari daerah Mediterania. Russian Shorthair baru diganti namanya menjadi Russian Blue pada tahun 1934.

Mengenal Kucing Jenis Russian Blue

Persilangan

mata kucing russian blue berwarna kekuningan
Mata Kucing Russian Blue Kekuningan

Kucing Russian Blue disilangkan dengan kucing Siam Biru (Siamese Blue Point) bertujuan untuk memperkuat gen, namun akibat dari persilangan tersebut ada peluang muncul warna lain.

Mata Russian Blue aslinya berwarna hijau gelap, tetapi akibat persilangan ada yang berwarna kekuningan, dan sebagainya.

Gambar Mata Kucing Russian Blue
Mata Kucing Russian Blue Hijau Gelap
Gambar Mata Kucing Siamese Warna Biru
Gambar Mata Kucing Siamese Warna Biru

Karakteristik Russian Blue

Kucing Russian Blue memiliki ukuran tubuh medium, berbulu pendek, dan struktur tulang yang bagus. Bulu yang berwarna kebiruan dengan nuansa silver pada setiap ujung bulu, sehingga memberi kesan bersinar. Bulunya tebal dan memberi kesan mewah. Biasnya Kucing Russian Blue ini memiliki berat badan sekitar 3-5,5kg dan memiliki rentang kehidupan sekitar 10-15 tahun. Kucing jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar daripada kucing betina.

Gambar kucing Russian Blue
Gambar kucing Russian Blue

Kepribadian Kucing Russian Blue ini sedikit pemalu, terutama terhadap orang asing. Kucing ini sangat setia terhadap pemiliknya dan akan menunjukkan sisi yang sangat menyenangkan bagi mereka. Kucing Russian Blue ini sangat cerdas dan mandiri (tidak memerlukan manusia terus-menerus).


Suara kucing russian blue

Kucing Russian Blue adalah jenis kucing pendiam. Mereka akan sering terlihat berjalan di sekeliling rumah tanpa bersuara, atau duduk berjam-jam memandang keluar jendela tanpa mengeluarkan suara.

Sebenarnya, kucing Russian Blue sangat lembut dan tidak bisa terdengar dari jarak kurang lebih dari 1-2kaki (1 kaki = 30,5cm). Jika mereka bersuara bunyinya seperti mah atau churp.

Tips Sederhana Untuk Perawatan Kesehatan

  • Kucing Russian Blue adalah jenis kucing yang jarang terkena penyakit, jika mereka dirawat dan dilatih secara benar dan penuh kasih sayang. Kucing ini juga tidak memiliki kelainan genetik.
  • Yang harus Anda perhatikan adalah kucing Russian Blue sangat suka makan oleh karena itu mereka mudah sekali kegemukan. Anda harus memberi takaran makanan yang seimbang, bergizi dan tetap, terutama pada kucing ras Russian Blue versi dewasa.
  • Perawatan tubuh kucing Russian Blue juga tidak begitu sulit dan hanya membutuhkan sedikit perhatian. Paling tidak Anda harus menggunting cakarnya seminggu atau dua minggu sekali.
  • Meskipun kucing Russian Blue sangat suka disisir dan dibelai, namun tetapi mereka biasanya menyisir bulu mereka sendiri. Oleh karena itu mereka tidak egitu perlu untuk disisir atau disikat.

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

    kucing russian blue, ciri ciri kucing russian blue, harga kucing russian blue, jual kucing russian blue, kucing rusia, kucing rusian blue, jenis kucing russian blue, kucing russian blue harga, russian blue indonesia, www rusian x com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *