Info Mengenal Jenis Kucing Persia Exotic Shorthair...

Mengenal Jenis Kucing Persia Exotic Shorthair

Posted on

kucing persia exotic shorthair merupakan jenis kucing yang dikembangkan untuk menjadi seekor kucing persia versi bulu yang pendek (Shorthair). Exotic Shorthair sangat mirip sekali dengan Kucing Persia, termasuk dalam temperamen serta fisiknya, terkecuali bulunya yang pendek.

kucing persia exotic shorthair
Gambar Anak Kucing Persia Exotic

Kucing Persia Exotic Shorthair

Kucing Persia Exotic  pertama kali dikembangkan secara rahasia sekali oleh para Breeder American Shorthair pada akhir tahun 1950 untuk bisa meningkatkan kualitas warna bulu ras kucing American Shorthair. Akan tetapi usaha ini gagal karena hasilnya membuat kucing American Shorthair menjadi bertulang sangat besar, berkepala bulat, berhidung pendek (pesek) serta bulunya lebih panjang dari biasanya. 


Mayoritas breeder American Shorthair memang tidak suka dengan hasil persilangan ini dan langsung mendiskualifikasi kucing jika ditemukan tanda-tanda dari persilangan tersebut. Nahh ada salah satu breeder yang melakukan persilangan Persia-American Shorthair yang bernama Jane Martinke dengan melihat potensial kucing tersebut sebagai ras yang baru serta segera mendaftarkan jenis kucing tersebut ke CFA atau Cat Franciers Asociation. Dan CFA mengakui ras kucing baru ini di tahun 1967, dengan nama Kucing Persia Exotic.


Selanjutnya untuk usaha memperbaikir as kucing ini dilakukanlah dengan menyilangkan dengan ras kucing lain seperti Kucing Russian Blue dan Burmese. Tetapi sejak tahun 1987 Kucing Exotic Shorthair hanya boleh disilangkan dengan kucing Persia. FIFe (Federation Internationale Feline) telah mengakui kucing ras ini di tahun 1986

Karakteristik Kucing Persia Exotic
Gambar Rating Karakteristik Kucing Persia Exotic

Karena sangat sering melakukan kawin silang dengan Kucing Persia, ada beberapa Kucing Exotic Shorthair terkadang yang membawa gen resesif longhair. Nah 2 Kucing Exotic Shorthair kawin, ada kemungkinan pula 1 banding 4 anak kucingnya bisa memiliki bulu yang panjang. Tetapi, Exotic Longhair bukan dianggap sebagai kucing persia oleh pihak CFA, walau beberapa asosiasi kucing seperti TICA atau The International Association menganggap Exotic Longhair sebagai jenis kucing Persia.

Karakter Fisik Kucing Persia Exotic

Karakter Fisik Kucing Persia Exotic Shorthair memang sangat mirip dengan jenis kucing persia. Dengan kepala kucing Exotic Shorthair berbentuk oval serta padat, dengan hidung yang kecil atau pesek. Telinga Kucing Persia Exotic ini kecil dan bulat hanya di ujungnya. Jarak antara lebar kucing dan terdapat bulu-bulu halus di bagian dalamnya. Matanya besar serta bulat sehingga terlihat lucu Kucing Persia Exotic ini. Warna mata Kucing Persia Exotic mengikuti warna bulunya yaitu (berwarna emas hingga tembaga pada hampir varietas warna bulu, bermata hijau pada chincilla dan emas, bermata biru pada putih serta colorpoint).


Badan kucing yang berukuran medium serta berbentuk cobby. Kucing Persia Exotic memiliki bahu yang padat, tulang besar serta otot yang sangat kuat. Berat badan kucing ini antara 3,5 sampai 6 Kilogram. Ekor Kucing Persia Exotic pendek, tebal dan berbentuk bulat diujungnya. Bulu Kucing Persia Exotic ini pendek lho dibandingkan dengan kucing persia, namun agak sedikit lebih panjang dibandingkan ras kucing shorthair lainnya. Jenis warna serta pola bulu kucing ini sama dengan yang dimiliki jenis kucing persia, seperti warna solid, bicolours, tabbies, tortoiseshells, shaded, tipped, serta colour pointed.

Hidung Kucing Persia Exotic Shorthair
Foto Anak Kucing Persia Exotic Shorthair

Karakter Sifat Kucing Persia Exotic

Kucing Persia Exotic mempunyai karakter yang sangat mirip dengan kucing persia, lembuat dan tenang. Tetapi kucing ini lebih aktif daripada kucing persia. Kucing Persia Exotic mempunyai sifat penasaran serta senang bermain, Kucing Persia Exotic juga sangat bersahabat dengan kucing dan anjing lainnya. Kucing Persia Exotic ini tidak senang ditinggalkan sendirian, serta membutuhkan kehadiran pemiliknya. Kucing Persia Exotic cenderung menunjukkan rasa sukanya serta loyal kepada sang pemilik Kucing Persia Exotic. Sifat yang tenang dapat membuat kucing ini bisa lebih hidup dengan pemiliknya di rumah-rumah maupun apartemen perkotaan. Karena kucing Exotic Shorthair memiliki sedikit darah keturunan American Shorthair, jadi kucing ini sedikit lebih energetik serta ahli menjadi pemburu tikus.

Perawatan dan Grooming Kucing Persia Exotic

Kucing Persia Exotic hanya membutuhkan sedikit bantuan manusia agar bulunya tetap rapih dan bersih. Penyisiran bulu Kucing Persia Exotic seminggu sekali itu sudah cukup bagi kucing ini untuk membuang bulu yang rontok serta untuk mencegah terjadinya hairball.


Kucing Persia Exotic juga mengeluarkan air mata yang berlebih, jika tidak sering dibersihkan maka akan meninggalkan noda. Air mata yang berlebih pada Kucing Persia Exotic bisa dibersihkan dengan kain yang lembut dengan air hangat secara rutin agar tidak meninggalkan noda. Kucing Persia Exotic Shorthair sangat cocok bagi pecinta kucing yang ingin memelihara kucing persia, namun kamu tidak memiliki waktu untuk mengurus bulu kucing persia yang panjang ini. Untuk itu, apakah kamu berminat memelihara Kucing Persia Exotic Shorthair ini? Harga kucing persia exotic shorthair ini tidak dijual dengan harga mahal lho!


Sekian artikel tentang Kucing Persia Exotic yang sudah disediakan maniakucing.com, semoga bermanfaat bagi pecinta kucing lainya. Dan jangan lupa buat share atau baikan artikel ini ke teman-teman lainnya yah! Terimkasih

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

    kucing persia medium short hair, kucing persia short hair, penyebab kucing persia tidur di litter box, cara sembuhkan bulu kucing mengeras, persia short hair, ciri ciri kucing diracun orang, cara menggemukan kucing yang cacingan, cara mengatasi burit kucing yang lecet akibat diare, tempat jual pakam kucing anggora sampang, bokf turki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *