Ciri-Ciri Kucing Terkena Penyakit Toxoplasma

Posted on

Toxoplasma merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh protozoa parasit atau Toxoplasma gondii. Penyakit jenis ini biasa menyerang pada binatang mamalia yang berdarah panas, Contohnya : kucing, anjing ,kambing, kelinci,dll. Yuk mari simak artikel mengenai ciri-ciri kucing terkena toxoplasma berikut ini.

ciri ciri kucing terkena toxoplasma
Siklus Penyakit Toxoplasma Gondii pada kucing.

Parasit Toxoplasma gondii ini menjadikan binatang mamalia yang berdarah panas sebagai induk semang untuk berkembang biak. Penularan Toxoplasma ini biasanya melalui kotoran kucing yang mengandung ookista (telur toxoplasma), yang kemudian ikut tertelan kedalam tubuh kita (manusia).

Maka dari itu kita dianjurkan selalu mencuci tangan menggunakan sabun setelah bersentuhan atau bermain dengan kucing maupun binatang peliharaan lainnya. Untuk menghindari agar tidak tertular penyakit toxoplasma yang mungkin bisa terjadi. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Ciri-Ciri Kucing Terkena Toxoplasma

Sebenarnya memang tidak ada ciri khusus kucing terkena penyakit toxoplasma, nah ini akan menjadi sangat sulit untuk kita mengetahui apakah kucing peliharaan kita mengandung parasit toxoplasmat atau tidak.

Nah tidak semua kucing yang terkena penyakit toxoplasma serta menularkannya kepada kita lho. Hanya kucing yang tidak terawat yang mungkin bisa terkena parasit toxoplasma ini. Untuk itu maniaucing.com sedikit memberikan tips agar kucing terhindar dari toxoplasma.

Baca juga : Cara dan Tips Memandikan Kucing Agar Sehat

Tips Agar Kucing Terhindar Dari Toxoplasma

  1. Selalu memandikan kucing secara teratur minimal 1 minggu sekali.
  2. Bersihkan kandang kucing setiap hari serta cuci kandang kucing setiap 1 minggu sekali. Ini Optional saja, semprot kandang kucing menggunakan cairan desinfektan.
  3. Berikanlah tempat yang khusus untuk kucing buang kotoran, agar kucing tidak buang kotoran dengan sembarang yang bisa mendatangkan parasit toxoplasma gondii yang berbahaya ini.
  4. Berikan kucing peliharaan kamu pakan yang matang serta sehat, hindari pemberian pakan daging-daingan yang mentah, itu juga bisa membuat kucing anda mencret.
  5. Kamu harus memberikan vaksin kucing secara teratur agar kucing tidak penyakit lainnya seperti rabies, mencret,dan lain-lain.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret atau Diare

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

    ciri ciri kucing terkena toxoplasma, ciri ciri toxoplasma pada kucing, ciri ciri kucing yang terkena toxoplasma, ciri2 kucing terkena toxoplasma, jual beli kucing ngawi, ciri terkena toxoplasma, virus tokso, ciri ciri terkena toxoplasma, ciri kucing terkena toxoplasma, virus toxoplasma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *