13 Ciri-Ciri Kucing Stres Pada Umumnya

Posted on

Ciri-ciri kucing stres – Tahukah kamu bahwa kucing juga bisa terkena stres? Ya, tidak hanya manusia saja yang bisa terkena stres, tetapi hewan juga bisa terkena stres termasuk kucing. Nah, stres pada kucing bisa saja disebabkan oleh banyak hal, seperti cemas disertai rasa takut. Stres juga dapat memicu gejala gangguan kesehatan pada si kucing. Ketika kucing sedang stres, kekebalan imun tubuh kucing bisa menurun dan dapat memicu berbagai penyakit pada kucing.

Kali ini maniakucing.com akan membahas 13 ciri-ciri kucing sedang stres, nah ini sangat penting buat kamu agar mengetahui bahwa kucing peliharaan kita sedang stres serta bisa segera mengambil tindakan preventif.

ciri-ciri kucing stres
Kucing lebih agresif ketika sedang stres.

Ciri-Ciri Kucing Stres

Ada beberapa tanda dan ciri kucing yang mengalami stres yang harus kita ketahui sebagai pecinta kucing, serta bisa menjawab pertanyaan yang terpendam dalam masalah bagi pecinta kucing pada umumnya. Kamu bisa mengetahui bahwa, kenapa si kucing bisa mengalami stres? Segeralah mengambil tindakan yang cepat dan tepat. Kemudian bagaimana ciri-ciri kucing stres? Yuk, baca selengkapnya mengenai ciri-ciri kucing stres.

  1. Kencing di luar litter box
    Ini mungkit sangat membuat kamu jengkel, jika kucing amu kencing di luar litter box, kamu harus segera membersihkan kencing yang bau menyengat itu, sebelum menjadi kering serta bertambah bau. Tetapi kamu harus lebih memperhatikan lagi, kucing yang buang air kecil di luar litter box bisa-bisa saja mencoba memberitahu kita. Coba kamu konsultasikan hal ini kepada dokter hewan agar tahu penyebabnya apa?
  2. Kucing mengalami Diare, Mencret atau masalah pencernaan lainnya
    Ciri ini biasanya disebabkan oleh makanan yang dikomsumsi oleh si kucing. Tetapi jangan salah, jika kamu sudah yakin bahwa makanan yang kamu beri pada kucing tersebut sehat serta tidak sedang dalam proses mengganti pakan, mungkin saja hal itu karena kucing sedang stres. Kamu tidak boleh membiarkan hal tersebut, segeralah konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli kucing yang terpercaya.

    Baca Juga : Penyebab dan Cara mengatasi kucing diare atau mencret

  3. Grooming yang berlebihan

    Grooming kucing
    Gambar Kucing yang sedang di grooming.

    Kucing yang belebihan atau keseringan grooming, jika kucing sedang menjilati bulunya secara berlebihan apalagi sampe botak, ini jelas tanda-tanda yang berbahaya. Kemungkinan besar kucing terkena kutu atau ia sedang stres. Biasakan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan atau teman yang lebih ahli.

  4. Menggaruk berlebihan
    Menggaruk atau menjilati secara berlebihan dapat menjadi indikasi bahwa si puss memiliki masalah kesehatan serta perilakunya. Ada kemungkinan juga si kucing terkena kutu atau si kucing terkena penyakit kulit.
  5. Kucing suka menyendiri
    Sikap kucing yang suka menyendiri dan acuh tak acuh memang itu juga salah satu perilaku kucing. Namun ketika kucing langsung lari dan bersembunyi yang ketika lari ia melihat kita atau memang ada orang asing di rumah, maka itu juga tanda-tanda kucing setres atau masalah lainnya.
  6. Kucing bersuara berlebihan (Mengeong)
    Kemudian ini juga termasuk ciri-ciri kucing stres. Beberapa jenis kucing yang bisa dibedakan dari jenis vokal atau suara ngeongnya yaitu kucing yang sering sekali bersuara seperti kucing bengal, siamese, sphinx, dan juga kucing lebih suka diam atau kurang bersuara seperti ras kucing persia dan kucing scottish fold.
    Jika kamu mempunyai beberapa kucing, pastinya kamu mengetahui ciri-ciri kucing kamu, baik itu dari suaranya maupun tingkah laku atau kebiasaan kucing. Kamu juga harus tahu seberapa sering kucingmu mengeong dan bersuara meminta di manja.
    Akan tetapi, jika kamu sedang melihat kucingmu terdengar lebih sering mengeong serta lebih berisik dari biasanya, kamu harus segera menanggapi gaduhan dari suaranya dengan cara memanjakan kucing kamu dengan mengelus-elus atau bisa dengan cara mengajak kucingmu bermain.
    Perlu kamu ketahui bahwa seringnya kucing kamu bersuara, itu memiliki kemungkinan besar yaitu si kucing sedang memberitahu kamu bahwa ada yang tidak beres dengan keadaan dirinya.
    Dan kamu harus mewaspadai keadaan kucing kesayangan kamu, dan kamu harus cepat-cepat membawa ke dokter hewan untuk mengecek kesehatannya serta menebak apa penyebabnya. Karena, bisa saja kucing kamu mengalami stres dengan mengeluarkan banyak suara.

    Baca : Cara mengkawinkan kucing

  7. Kucing nafsu makan menurun atau kucing tidak mau makan
    Kucing memang tidak boleh berpuasa atau diet seperti yang manusia lakukan. Nah, segera konsultasikan dengan dokter hewan jika tiba-tiba si kucing kehilangan nafsu makannya apalagi tidak mau makan sama sekali. Bisa-bisa si kucing karena stres atau terkena masalah dalam sistem pencernaanya.
    Baca : Penyebab dan Solusi Kucing Tidak Mau Makan
  8. Waktu tidur kucing yang meningkat
    Kamu menduga kucing kamu setres karena tidur sampai 20 jam sehari? Bukan berarti kucing harus tidur selama itu. Kamu sudah tahu berapa lama dan kapan saja waktu tidur si kucing. Nah, jika kucing kamu tidur lebih lama dari biasanya serta terlihat lebih lesu dari biasanya , baru itu yang harus kamu perhatikan.
  9. Agresif pada Hewan yang lain
    Kucing bersifat agresif terhadap hewan lain juga bisa menjadi tanda-tanda masalah kucing. Bisa saja hewan itu sedang stres atau sedang sakit. Bisa kamu konsultasikan dengan yang lebih ahli.
  10. Agresif dan defensif
    Kucing yang sedang mengalami stres atau sedang sakit bisa menjadi lebih agresif pada orang-orang, tidak hanya dengan orang lain, tetapi dengan kita sendiripun juga begitu. Ini juga merupakan salah satu ciri-ciri yang lumayan terlihat.
  11. Kucing Mendadak Pendiam
    Jika kucing kamu terlihat pendiam secara mendadak setelah ada pemicu yang membuat kucing stres, ini sangat bahaya bagi kucing kamu. Karena ini bisa-bisa membuat kucing kamu menjadi sakit? Kenapa sakit? Ya, karena serangan mental yang berat, sehingga kucing kamu tidak kuat menahannya dan akhirnya stres.
  12. Suka Menyendiri
    Terkadang memang kucing suka diam di kandang saja serta bersembunyi di ruang-ruang yang tertutup. Ini termasuk tanda kucing mengalami stres, kucing suka menyendiri serta mengabaikan semua yang ada di sekitarnya, baik itu kedatangan orang asing maupun pemiliknya sendiri.
    Selain suka menyendiri, kadang-kadang si kucing juga suka diam secara mendadak dan kemungkinan besar akan turunnya mental kucing. Jika kucing terkena serangan mental yang sangat berat, kucing juga bisa sakit dan mengalami stres lho! Segeralah kamu mengecek keadannya.
  13. Birahi tetapi tidak punya pasangan
    Kucing yang sedang birahi tapi tidak punya pasangan untuk menikah akan menjadi berbahaya dan depresi lho! Kucing pejantan yang birahinya sangat tinggi dari pada kucing betina. Kucing yang memiliki tanda ini akan lebih sering mengeong-ngeong dengan keras dan selalu ingin bermain ke luar, cari pasangan dan pulangnya bisa esok harinya.

Nah, itu adalah 13 ciri-ciri kucing sedang stres. Jika kamu menemui tanda-tanda yang sudah disebutkan di artikel atas, lebih baik kamu waaspada. Kamu juga harus berusaha untuk mengurangi stres pada kucing, karena jika dibiarkan begitu saja, mungkin si kucing akan menjadi lebih kronis penyakitnya.

Kamu wajib selalu memantau atau memerhatikan tiap-tiap perubahan kucing kamu, jika ada sesuatu yang aneh, cobalah untuk berkonsultasi dengan yang lebih ahli serta bawalahh ke dokter hewan agar mendapatkan hasil yang lebih pasti. Semoga bermanfaat, jangan lupa berbagi (share) artikel ini agar teman-temanmu mengetahuinya. Terimakasih.

 

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

    ciri ciri kucing stres, ciri kucing stres, kucing stress, ciri ciri tikus sakit, ciri ciri kucing stress, tanda tanda kucing stres, tanda kucing stress, ciri ciri kucing setres, tanda kucing persia stress, artikel ciri ciri tulang retak

0 thoughts on “13 Ciri-Ciri Kucing Stres Pada Umumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *