Cara Merawat Kucing Anggora (Lengkap BANGET!!!)

Posted on

Cara merawat kucing anggora agar memiliki bulu yang unik dan terlihat sangat menggemaskan pastinya lucu, maka tidak heran jika para pecinta kucing menginginkan kucing jenis anggora sebagai hewan peliharaanya.

Namun jangan dikira gampang dalam merawat kucing anggora ini, karena cukup menguras waktu dan keahliah yang harus teliti dan telaten sehingga kucing jenis anggora ini bisa lebih terawat dan sehat.

Bisa dibayangkan jika kucing anggora yang sedemikian lucunya tapi tidak terawat dengan benar tentu akan mengurangi keindahan kucing kesayangan anda.

cara merawat kucing anggora
Foto anak kucing anggora lucu.

Pernakah anda melakukan hal aneh pada kucing kesayangan anda ? seperti berbicara dengan kucing? wahh kalau sampai seperti itu anda memang maniakucing.

Perlu anda ketahui mengajak kucing berbicara membuat si kucing sedikit demi sedikit mengerti bahasa kita, begitu pula dengan kita akan mengerti bahasa kucing dan dapat membaca gerak-gerik si kucing meminta apa kepada kita.

Pada kesempatan kali ini maniakucing akan memberikan cara,tips, baik untuk awam(pemula) sampai ke mastah, cara ini cukup manjur dan banyak diminati oleh banyak pemilik kucing. Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Untuk awalan mengenai kucing jenis anggora

Sejarah Kucing Anggora

Pada awalnya, Kucing Anggora Turki berasal dari daerah pegunungan di Turki, dimana mereka mulai berkembang biak dengan memiliki bulu-bulu panjang yang bisa melindungii badanya terutama ada musim dingin. Diduga bahwa kucing jenis anggora ini awalnya berasal dari kucing biasa yang kemudian berevolusi.

Pada abad ke-16, Kucing Anggora mulai diimpor ke Eropa, dan awalnya merupakan sebuah hadiah yang diberikan oleh Sultan Turki kepada Raja di Inggris.

Sedangkan di Amerika, Kucing ras anggora pertama kali masuk pada tahun 1954. Dan hingga saat ini, kucing anggora sudah berkembang biak dengan cukup baik diberbagai tempat dan dikenal secara luas termasuk juga di Indonesia

Daya Tarik Kucing Anggora

Kucing Anggora terkenal aktif dan sangat suka bermain. Salah satu mainan(game kucing) favorit kucing anggora adalah hewan tikus, entah itu yang nyata ataupun yang palsu(mainan). Mereka sangat menyukainya untuk diterkam, dilemparkan atau disembunyikan di tempat-tempat tertentu. Kucing anggora adalah kucing yang suka bermain bisa melompat di atas lemari, berlari kesana kemari, dan bahkan bisa saja beristirahat atau tidur di tempat-tempat yang cukup tinggi seperti rak dan lain-lain juga tidak berbeda jauh dengan kucing persia yang lucu.

Kucing anggora terkenal sangat menyukai air dan bahkan ini adalah salah satu tempat mereka. Jadi jangan sampai heran apabila suatu saat kucing anda akan ikut nyebur ke bak mandi.

Jenis kucing ini perlu banyak perhatian khusus karena sangat mudah depresi apabila kita biarkan sendirian dalam waktu yang lama. Dengan kata lain, anda harus memperhatikan dan memberikan waktu yang banyak untuk jenis kucing anggora ini terutama apabila anda sebagai pemeliharanya.

Memelihara Kucing anggora medium juga terkenal dengan kecerdasanya dan mudah untuk dilatih serta bisa menerima perintah. Biasanya apabila sering dilatih dengan baik, kucing ini tahu bagaimana cara membuka pintu, lemari dan tas. Untuk harga kucing anggora tersendiri juga sudah cukup lumayan mahal.

Perlengkapan Kucing Anggora

Perlengkapan dapat berfungsi sebagai penunjang dalam perawatan kucing anggora agat lebih baik, dan juga sebagai hiasan untuk mempercantik kandang. Berikut beberapa perlengkapan kucing anggora, antara lain:

perlengkapan kucing anggora
Gambar perlengkapan untuk perawatan kucing.
  1. Kandang berikan kandang yang dapat membuat si kucing merasa aman dan nyaman untuk mengekspresikan perilaku alaminya. Tidak harus dengan harga yang mahal untuk membeli kandang kucing, jika ada yang murah lebih baik kenapa tidak? Tapi jika anda ingin yang berharga mahal juga boleh, akan tetapi prinsip keamanan dan kenyamananya harus anda perhatikan. Jika anda tidak mau mengeluarkan biaya yang lebih untuk membeli kandang, anda dapat membuatnya sendiri.
  2. Tempat makanan kucing, sudah banyak sekali tersedia di Petshop. Jika anda pengin hemat anda dapat juga menggunakan mangkok atau lepek(tatakan gelas).
  3. Tempat minum
  4. Kotak pasir dan pasir khusus kucing.
  5. Ayakan, berfungsi untuk memisahkan kotoran kucing dan pasir. Sehingga suasana kandang tetap bersih dan hemat.

Sebelum berlanjut ke cara merawat kucing anggora, perlu anda perhatikan yang satu ini.

Kucing Anggora Yang Baru Sampai Dirumah

Pertama kali kucing kesayangan anda sampai dirumah, kucing akan mengalami boleh dikatakan sebagai masa linglung. Biasanya akan menunjukkan sikap dan perilaku yang tidak normallnya, akibat dari pergantian lingkungan ke lingkungan yang baru.

Kucing jenis anggora perlu beradaptasi lagi dengan lingkunganya agar terbiasa. Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi ketika kucing baru sampai dirumah:

  1. Kurang PD(Percaya Diri) atau setress untuk sementara
  2. Nafsu makannya berkurang
  3. Suka bersembunya, seperti ketakutan.
  4. Bila didekati, menjauh
  5. Akan berontak apabila dipegang

Maka dari itu cegahlah agar tidak terjadi hal-hal yang lebih parah lagi.

Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Benar

Makanan dan Minuman Untuk Kucing

Tempat Makanan Kucing
Gambar Tempat Makanan Kucing.

Kita harus memperhatikan makanan dan minuman untuk cara memelihara kucing anggora kita dengan baik. Ada banyak sekali roduk makanan untuk kucing anggora. Kita harus memilah atau menyeleksi produk makanan apa yang baik untuk kucing peliharaan kita.

Karena tidak semua produk makanan kucing itu baik untuk si kucing. Biasanya, produk makanan yang kalengan(makanan basah) tidak baik untuk kesehatan si kucing. Makanan kalengan ini dapat berpengaruh terhadap bulu dan umur kucing peliharaan kita.

Kita pasti sangat tidak menginginkan kucing kesayangan kita bulunya rusak atau cepat mati. Jadi, perhatikanlah makanannya dan usahakan berikan makanan yang kering saja.

Lalu Untuk Menjinakan kucing anggora ini berikan makanan kesukaan dan minuman kesukaan pada kucing kesayangan anda. Untuk minumannya, kita bisa memberikan kucing peliharaan kita air yang sudah matang atau dimasak. Sesekali kita bisa memberikan kucing peliharaan kita susu.

Namun jangan terlalu sering dikarenakan tidak bagus untuk kesehatan kucing. Selain itu, jangan berikan juga susu untuk manusia. Karena susu untuk manusia mengandung lactobasilus yang mengakibatkan kucing mencret. Berikanlah susu yang khusus untuk kucing. seperti Royal Canin.

Cara Menyimpan Makanan Kucing Anggora

Cara penyimpanan pakan yang baik dapat mempertahankan kualitas pakan dalam jangka waktu yang lama. Kesalahan dalam penyimpanan pekan, dapat menyebabkan kualitas kucing yang berkontribusi terhadap adanya gangguan kesehatan kucing.

Berikut beberapa tindakan yang dapat mengurangi atau mengatasi kerusakan pada pakan kucing:

  1. Tempat penyimpanan usahakan selalu kering, karena kondisi lembab memicu pertumbuhan dan perkembangan jamur maupun bakteri yang bersifat patogen yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan kucing apabila mengkomsumsinya.
  2. Usahakan tempat penyimpanan selalu bersih dan tertutup. Untuk mencegah terjadinya kontaminasi oleh mikroorganisme yang bisa merusak kualitas pakan, baik secara fisik maupun kadar nutrisinya.
  3. Hindari menyimpan pakan dari sinar matahari langsung. Untuk mencegah terjadinya reaksi yang tidak diinginkan pada pakan yang dapat menimbulkan kerusakan pada pakan.
  4. Kalau bisa disimpan makanan kucing yang bagus tersebut dalam kulkas, jangan campurkan juga dengan makanan kita. Menyimpan makanan kucing dalam kulkas dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme, sehingga dapat membantu keawetan makanan dan menjaga kualitas nutrisinya.

Cara Mengganti Makanan Kucing Anggora

Sebaiknya jangan mengganti merek makanan terlebih dahulu, maksudnya gunakanlah makanan yang diberikan pada tempat lama pada kucing tersebut untuk beberapa hari. Berikut tata cara mengganti makanan kucing dari yang lama ke yang baru:

  1. 1-2 hari campuran makanan 30% makanan baru, 70% makanan lama
  2. 3-5 hari campuran makanan 50% makanan baru, 50% makanan lama
  3. 6-7 hari campuran makanan 70% makanan baru, 30% makanan lama
  4. 7 hari keatas, baru berikan 100% makanan baru.

Jika kucing tidak mengalami gangguan seperti mencret atau muntah, maka pemberian makanan baru dapat dilanjutkan seterusnya.

Jadwal Pemberian Obat Cacing Untuk Kucing

Pemberian obat cacing dapat dilakukan 2 sampai 4 kali dalam setahun, namun kucing yang sering bermain berada berada diluar rumah sebaiknya pemberianya lebih sering. Namun sebagai langkah yang aman, sebaiknya konsultasikan kepada dokter hewan, karena kesalahan dalam pemberian obat cacing dapat beresiko terhadap kucing.

Jadwal Rutin Perawatan Khusus Kucing Anggora

  1. Pagi dan Sore(setiap hari): memberi makan dan minum
  2. Pagi dan Sore(setiap hari): membersihkan kotoran kucing
  3. Memandikan kucing: 1 minggu sekali
  4. Grooming kesalon: sebulan sekali (Optional)
  5. Pencucian kandang: seminggu sekali

Baca Juga : Cara memandikan kucing(Rumah vs Petshop)

Mencuci Kandang dan Perlengkapan

Mencuci kandang dan perlengkapan adalah suatu tindakan yang dapat menghindarkan kucing dari berbagai serangan penyakit, menjaga kebersihan kucing dan lingkungan, menghindari bau yang tidak sedap dan lain-lain.

Kotoran yang sudah lama tidak dibuang dapat menghasilkan ammonia dalam kandang, tingginya kadar amonia ini di dalam kandang dapat mengganggu pernafasan kucing.

Baca Juga: Macam-macam penyakit pada kucing dan cara mengatasinya (LENGKAP!!)

Sebaiknya selalu menjaga kebersihan kucing dan kandangnya agar kucing tetap sehat sehingga pertumbuhan dan perkembangannya dapat melaju secara normal. Langkah yang dapat anda lakukan adalah:

1. Bersihkan terlebih dahulu kandan dan perlengkapanya, kemudian cuci dan jemur dibawah terik matahari.

2. Jika sudah dirasa kering, semprotlah kandang beserta peralatan tadi dengan menggunakan larutan desinfektan untuk memastikan kesterilan kandang dan perlengkapan tadi.

3. Pastikan kucing tidak berada dalam kandang, saat anda melakukan pembersihan kandan dan perlengkapan kucing.

Vaksin

Kucing kesayangan bisa menjadi lebih gemuk atau berisi memang cukup menggemaskan akan tetapi apakah kesehatannya terjaga? Untuk itu, para pecinta kucing harus lebih memperhatikannya dengan memberi vaksin kepada kucing anggora. Selain menjaga kesehatan, vaksin juga salah satu cara membuat kucing tidak mudah sakit serta menghemat pengeluaran calovers karena lebih baik mencegah dari pada mengobati kucing anggora.

Baca Juga : Ciri-ciri kucing terkena rabies

Penyakit Yang Sering Menyerang Kucing Anggora

  1. Muntah
    Muntah adalah penyakit yang sering dialami kucing, tidak aneh lagi karena kucing mempunya metabolisme yang rendah dan kurang bagus jadi wajar saja jika kucing terkadang suka muntah, muntah disini harus dibetakan antara muntah alami dan munta karena panyakit yang diderita kucing. Muntah hairball itu termasuk normal.
  2. Cacingan
    Kucing yang cacingan akan terlihat kurus dan lemas. Cacing ini menyerang bagian usus kucing dan bisa tumbuh dengan panjang 2 kaki. Tahap awal dari gejala cacingan pada kucing ini tidak akan terlihat dan akan terlihat jelas jika sudah agak parah, kucing bisa muntah cacing untuk kasus saya, gejalanya pun berbeda-beda, infeksi ini bisa berbeda pada tiap jenis kucing. Walaupun gejala awal tidak dapat terlihat tetapi ita bisa mengidentifikasinya dengan melihat gejala pada umunya yaitu muntah-muntah, kucing banyak makan tapi tidak gemuk, kucing sering haus, kucing terlihat lemas, berat badan kucing turun drastis, perhatikan pada fases kucing apakah terlihat adanya cacing atau tidak, jika cacing masih berbentuk larva biasanya akan terlihat seperti butiran beras di dalam fasesnya.
  3. Kutu
    Kucing banyak kutunya rasanya mengerikan juga yah, ga kebayang bulunya yang halus jadi tidak mau kita pegang. Karena kutu ini bisa menggerogoti kulit cacing dan menimbulkan seperti radang yang menjijikan. Kutu merupakan masalah luar dari kucing yang sering mengganggu kesehatan kucing. Karena masalah kutu bisa terlihat biasanya lebih mudah untuk ditangani oleh pemiliknya, bisa menggunakan shampoo atau ramuan khusus penghilang kutu untuk kucing. Pemberian obat juga bisa dilakukan dengan cara memberikan obat melalui oral(mulut), memberikan bedak, atau shampoo serta semprotan Kutu/spray kutu.
  4. Sakit mata
    Kucing sakit mata, mata adalah salah satu aset bagi kucing, terlebih kucing liar yang hidupnya berburu dimalam hari, tetapi kucing bisa jadi terserang sakit mata yang akan menurunkan penglihatannya sedikit. Penyakit mata pada kucing ini antara lain: Konjungtivitar(radang selaput mata), Glaucoma,Trauma,Katarak,Serangan Virus,Penyakit Retina dan radang lainnya. Gejala yang satu ini mudah dilihat saat kucing sakit mata yaitu mata sering mengeluarkan cairan, entah itu air mata atau cairan kental lainnya. Berikut gejala-gejala sakit mata kucing: bulu mata sering basah, mata suka berair, mata sayuu, terdapat garis merah atau putih di kelopak mata, ktoran di sudut mata, mata juling,dll

    Baca Juga : Cara merawat kucing sakit mata tanpa ke dokter hewan

    Pengobatan untuk kucing yang terkena sakit mata bisa juga dengan obat tetes pada manusia. Jika penyebab dari sakit matanya karena bakteri maka harus menggunakan antibiotik untuk mengobatinya, karena obat menyesuaikan pada sakit si kucing.

  5. Jamur
    Jamur atau biasa disebut dengan gudik biasanya sering juga menyerang kucing terutama bagian telinga dan muka karena bagian yang tidak tertutup bulu, selain itu bagian kaki juga bisa terkena jamur. Jamur dikarenakan bulu kucing lembab atau kulit kucing terbuka, baik karena efek samping dari serangan kutu atau saat kucing berantem. Untuk mengobati jamur pada kucing bisa dilakukan dengan:

    1. Shampoo khusus (sebazol/melaseb)
    2. Salep anti fungal (derma cream,natural pet,salpe 88,daktarin,canesten, dll (pakai salah satu)
    3. Lime Sulfur
      Dan usahakan agar kucing tetap kering yah.

      Baca Juga : Bahaya Bulu Kucing Bagi Manusia Menurut Dokter

  6. Penyakit saluran kencing
    Penyakit ini termasuk penyakit yang sering ditemukan pada kucing, yaitu penyakit yang disebut feline lower urinary tract disease (FLUTD), statistik membuktikan 1 dari 10 kucing yang dirawat oleh dokter hewan terjadi akibat penyakit ini. Pada kucing betina dan jantan memiliki resiko yang sama mengidap penyakit jenis ini. Gejala penyakit ini adalah kucing susah buang air kecil, air seni berdarah, kucing sering sekali menjilati kelaminya, dehidrasi dan nafsu makan menjadi menurun. Penyebabnya adalah karena terlalu banyaknya mineral yang masuk kedalam tubuh terutama agnesium, infeksi bakteri ini juga bisa. Solsinya bawa ke dokter hewan yah(konsultasikan).

Begitulah artikel cara merawat kucing anggora, panduan aau tata cara ini bisa digunakan untuk awam(pemula) dan cara ini ampuh untuk kucing kesayangan anda. Semoga bermanfaat bagi anda dan manjur untuk kucing anda. Terimakasih, jangan lupa share!

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

    cara merawat kucing anggora, cara merawat kucing, cara memelihara kucing, perawatan kucing anggora, merawat kucing anggora, cara memelihara kucing anggora, merawat kucing, perawatan kucing, cara merawat anak kucing anggora, cara merawat ku

One thought on “Cara Merawat Kucing Anggora (Lengkap BANGET!!!)

  1. Pingback: Cara Merawat Kucing Anggora – ulfahalfi.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *