3 Cara Merawat Bulu Kucing Yang Baik dan Benar

Posted on

Cara Merawat Bulu Kucing – Kucing adalah seekor hewan yang memang terlihat sangat lucu pada umumnya. Apalagi jika bulunya yang panjang lebat dan bersih. Itu akan membuat si kucing lucu serta kitapun yang melihat akan menjadi gemas. Seneng banget yah! Kalo liat kucing yang sedang tertidur pulas dengan posisi tidur kucing yang memutar seperti bola bulu yang lucu dan imut.

Lalu bagaimana si jika bulu kucing yang kita rawat dengan baik dan benar? Pastinya akan semakin cantik dan menggemaskan. Akan tetapi banyak sekali orang yang memang tidak tahu bagaimana cara merawat bulu kucing agar tidak rontok dan lebat.

cara merawat bulu kucing
Gambar cara merawat bulu kucing

Nahh, agar kamu tahu bagaimana cara merawat bulu kucing yang tepat, maniakucing.com akan memberikan informasi tentang kucing secara detail mengenai perawatan bulu kucing. Yuk mari simak informasi berikut ini.

Cara Merawat Bulu kucing

Sebelum ke pembahasan, disini ada berbagai jenis cara dan tips yang bisa kamu lakukan dirumah untuk merawat bulu kucing agar tidak rontok, menjadi lebih lebat dan terawat. Berikut ini cara-caranya :

1. Memandikan Kucing

Nah ini yang terkadang dianggap sepele oleh kebanyakan pecinta kucing yang memang tidak mengetahui lebih dalam. Bahwa memandikan kucing ini merupakan dasar dari kebersihan dan kesehatan kucing loh! Mandi adalah cara perawatan bulu kucing yang harus dilakukan, memandikan kucing pun paling tidak seminggu sekali atau 2 minggu sekali. Akan tetapi saya merekomendasikan 1 minggu 2x atau tiap kucing bau pesing, apek, atau bau tidak sedap lainnya segera mandikan kucing.

cara memandikan kucing dengan benar
cara memandikan kucing dengan benar

Kamu juga bisa membawa kucing kamu grooming di petshop terdekat di kota kamu jika kamu memang malas memandikan kucing. Jika kamu ingin memandikan sendiri, silahkan kamu belajar cara memandikan kucing dirumah yang pada intinya dibawah ini :

  1. Mempersiapkan alat mandi antara lain Shampoo, bak atau tempat mandi yang berisi air hangat, handuk dan lain sebagainya.
  2. Jika kamu sudah mempersiapkan peralatan mandi untuk kucing, kemudian langsung mulai memandikan kucing dengan membasuh tubuh si kucing terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa kamu tidak boleh menyiram kucing sekali gus yah!
  3. Setelah kamu membasuh tubuhnya, kemudian memakai shampoo khusus kucing ke tubuh kucing, tetapi untuk memberikan shampoo jangan berlebihan yah! Secukupnya saja. Saat di mandikan pijatlah si kucing dengan perlahan dan merata agar pertumbuhan bulu kucing menjadi bagus.
  4. Nah, jika kamu sudah menyampoo kucing, kemudian bilaslah si kucing sampai bersih.
  5. Terakhir, keringkan bulu kucing dengan handu yang sudah dipersiapkan dan perlu diingat kamu harus memisahkan handuk khusus kucing yah! Jangan sampai tercampur oleh handuk kamu sendiri. Gosok atau usaplah seluru bagian tubuh kucing secaa perlahan menggunakan handuk tersebut, biasanya bagian sela-sela tubuh kucing yang susah dijangkau yang lebih basah. Kamu juga bisa menjemu si kucing dibawah terik matahari atau bisa menggunakan blower untuk mengeringkan bulu kucing.

2. Memberikan Bedak

Cara yang kedua ini kamu bisa memberikan bedak khusus kucing yang mana ini bagus untuk perawatan kulit kucing serta bulunya loh! Sebelum kamu memberikannya kepada kucing, lebih baik kamu baca terlebih dahulu apasi komposisi atau efek yang diberikan untuk kucing, Jangan sampai kamu salah dalam memberikan untuk kucing baik itu usia dewasa atau kitten (anakan).

bedak kucing
Cara memberikan beda untuk kucing

Kamu juga bisa memberikan bedak kering atau bubuk secara teratur, bedak juga bisa untuk menghilangkan kutu kucing lho! Akan tetapi kamu harus mencari yang khusus untuk kucing, kenapa si harus khusus? Kamu bisa membacanya di : Cara Menghilangkan Kutu Kucing. Nah, untuk menghilangkan bau tidak sedap atau mewangikan si kucing dan biasanya dalam penggunaanya pun seminggu sekali diberikan ke kucing.

3. Menyisir atau Menyikat

cara grooming kucing
cara grooming kucing

Kemudian untuk yang ketiga, perlu kamu ketahui bulu kucing dari ras kucing tertentu yang memang bulunya panjang juga terkadang punya permasalahan yang khusus lho! Contohnya saja dalam cara merawat bulu kucing persia atau cara merawat bulu kucing anggora bahkan himalaya atau maine coon.

Baca juga : Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1-2-3 Bulan.

Kamu pun tahu sendiri kan kalau jenis kucing persia yang bulunya panjang memang menutupi seluruh bagian tubuhnya? Nah, kebetulan sekali tips yang kedua ini sangat cocok buat kamu sebagai pemilik kucing persia baik itu ras kucing berbulu panjang atau yang lainnya. Berikut cara menyisir bulu kucing :

  1. Buatlah si kucing merasa nyaman dengan cara mengusap-usap si kucing terutama bagian leher dan dada serta punggung bagian belakang.
  2. Setelah itu kamu bisa menyisirnya langsung secara perlahan dan lembut pada bagian perut, kaki dan dada sekitarnya yang memang tempat yang banyak bulu yang menggumpal atau bundet.
  3. Kemudian, bagian kepala serta leher. Sisirlah bagian tersebut sampai tidak terasa seret atau susah di sisir seperti ada yang mengganjal, kemudian kebagian lainnya sampai ke ekor dari ujung ke ujung. Jangan sekali-kali untuk menyisirnya secara bolak-balik arahnya, kalau bisa menyisirnya searah yah!
  4. Yang terakhir, jangan lupa untuk menyisir setiap hari agar tidak ada kerontokan pada bulu kucing dan kamu juga bisa untuk memakaikan bedak kepada kucing sebelum menyisir badannya agar merata.

Memang tiap orang berbeda-beda dalam cara perawatan bulu kucing, akan tetapi ada 3 jenis cara merawat bulu kucing yang sudah disampaikan diatas.

Kalau memang kamu bisa merawat bulu kucing dengan baik kamu bisa membagikan pengetahuan kamu dengan cara berkomentar di kolom komentar. Selain membuat kucing kamu lebih terawat juga bisa membuat kita terhindar dari bahaya bulu kucing lho!

Kemudian untuk tips merawat bulu kucing ini juga tidak cuman untuk bulu kucing yang berbulu panjang yah, kamu juga bisa mempraktekan untuk jenis kucing yang lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian para pecinta kucing, jangan lupa untuk bagikan atau share informasi penting ini ke teman-teman lainnya. Sekian dan Terimakasih.

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

    tafsir mimpi melihat kucing mati, Vokep indo, anime yang ada karakter telinga kucing, kucing peaknose merawat anakan, cara membuat wiskas, cara membuat whiskas makanan kucing, kucing genetik yang garang, cara merawat bulu kucing persia, Cara agar kucing bisa sembahyang, vokep indo terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *