16 Cara Mengusir Kucing Liar Dengan Mudah (AMPUH!)

Posted on

Pada umumnya orang yang suka kucing menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan tersayangnya karena memang lucu dan menggemaskan. Akan tetapi, ada juga orang yang menjadikan kucing sebagai hewan yang menyebalkan. Yang orang lihat di tempat umum bahwa kucing terkenal dengan kebiasaan kucing yang mengacak-acak tempat sampah serta lingkungan menjadi kotor. Apalagi kalo orang tersebut memiliki alergi pada kucing bahkan phobia jika terkena gigitan atau cakaran kucing. Kalau kamu termasuk orang yang tidak suka kucing atau bahkan anti banget sama kucing, kamu bisa baca artikel tentang cara mengusir kucing yang baik dan benar.

Cara Mengusir Kucing

cara mengusir kucingUntuk cara dan tipsnya memang ada berbagai situasi saat mengatasi kucing yang nakal. Kamu bisa menggunakan cara di bawah ini dan perlu diingat bahwa kamu harus ekstra hati-hati dalam melakukanya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan apalagi menghadapi kucing liar atau kucing kampung. Simak artikelnya dibawah ini.

Cara Mengusir Kucing di Sekitar Rumah

Situasi yang pertama dibahas yaitu di sekitar rumah? Ya, karena ini yang sering terjadi pada saat ada kucing yang berkeliaran di sekitar rumah atau bahkan masuk ke dalam rumah serta membuat keonaran, pasti kamu bakalan kesal dan ingin mengusirnya pada saat itu juga. Rasa ingin mengusir kucing juga langsung timbul dan langsung reflek tanganya untuk menggusah atau mengusir sambil bilang “hushh..hushhh..pergiii…”. Biasanya kucing langsung pergi dan tidak datang kembali, akan tetapi ada kucing yang ngeyel dan berani bahkan ketika diusirpun hanya melihat kamu dan tidak segera pergi dan bahkan cuek saja. Nahh, ada cara mengusir kucing liar agar tidak kembali lagi. Gimana si caranya? Simak berikut ini.

  1. Jangan berikan makanan
    Pada umumnya kucing memang sangat suka mengendus-ngendus, apalagi jika tercium bau makanan di sekitar rumah. Entah kamu sudah memasak makanan yang berbau daging-dagingan seperti ayam,ikan,udang,dll. Yang mana bau amis pada makanan atau bahkan sisa makanan tersebut di buang di tong sampah. Kamu harus menutup semua akses rumah kamu dengan rapat seperti pintu rumah dan jendela rumah. Dan untuk di tong sampah tutuplah dengan rapat atau juga bisa gunakan kantong plastik lalu ikat dengan kencang dan rapat agar bau aroma sisa makanan tidak mengundang nafsu makan kucing.
  2. Menghapus Jejak
    Maksudnya gimana ini? Nah, ini yang sering sekali dilupakan banyak orang bahwa ketika ada makanan yang menggoda nafsu makan kucing seperti minyak dari sisa menggoreng ayam atau sejenis tertinggal di meja makan, lantai, bahkan di kursi rumah. Segeralah bersihkan dengan lap yang bersih dan kalau bisa berikan semprotan pengharum agar ruangan tidak terasa bau yang mengundang kucing untuk masuk ke rumah.
  3. Memberikan Bau Menyengat
    Waduhh apalagi ini? Karena kucing indra penciumanya sangat tajam, cara ini sangat ampuh untuk mengusir kucing dirumah dengan memberikan bau-bau yang menyengat. Kamu bisa menggunakan lemon, jeruk, bawah putih, serai, minyak kayu putih, dan tisu basah. Pada saat ini juga sudah banyak sekali produk cat repllent di pasaran yang mana fungsinya mengeluarkan bau-bauan untuk mengusir kucing.
  4. Menyemprotkan Air
    Banyak orang yang mengira bahwa kucing memang anti air. Memang untuk kucing liar memang lebih banyak takut air daripada kucing rumahan, kalau kucing rumahan memang sering dimandikan bahkan kucingnya ingin bermain. Nahh, menyemprotkan air juga termasuk cara untuk mengusir kucing yang datang kerumah dan akan membaut si kucing menjadi jera.
  5. Memasang Pagar Anti Kucing (Optional)
    Kenapa optional? Nah cara ini digunakan bagi yang memiliki uang yang lebih. Dengan memasang pagar yang lumayan rapat celahnya serta tinggi akan membuat kucing tidak dapat masuk ke sekitar rumah dan kucing akan jera karena memang pagarnya susah di lompati.
  6. Menaruh Botol Air Mineral
    botol untuk mengusir kucing
    Cara ini juga terbukti ampuh yaitu dengan memberikan botol air mineral yang mana bungkus merknya dibuang sehingga botol terlihat polosan kemudian botolnya diberikan atau diisikan air sampai penuh, lalu taruhkan botol tersebut di area atau sudut-sudut rumah yang sering dilalui kucing. Berikan 3 botol di setiap tempatnya, nah kenapa bisa kucing takut? Ya, karena cara ini memberikan efek seperti kaca, sehingga kucing takut ada kucing lainya ketika melalui botol tersebut. Padahal yang dilihatnya adalah dirinya sendiri.

Cara Mengusir Kucing di Plafon Rumah

cara mengusir kucing di plafon rumahAda yang tahu apa itu plafon? Nah, betul sekali, plafon adalah atap rumah. Memang mengusir kucing di dalam ruangan rumah dan halaman rumah masih terbilang cukup mudah. Lahh, gimana dengan hal lainya? Seperti kucing di atap rumah memang sangat susah diusir, namun dari itu disini akan diberikan tips dan cara mengusir kucing di atap rumah yang efektif.

  1. Memancing Dengan Makanan
    Selain makanan menjadi daya tarik untuk datang ke rumah kamu, makanan juga bisa kamu jadikan sebagai tips cara mengusir kucing. Caranya cuku gampang kok, kamu tinggal pahami saja jalur akses kucing menuju atap rumah kamu. Kalau kamu sudah paham rutenya, kamu bisa meletakkan makanan di jalan rute tersebut. Nah, saat kucing sedang memakan makanan yang di pancing, kamu bisa segera menangkapnya dengan karung. Kalau kamu takut atau geli dengan kucing, kamu bisa meminta tolong tetangga agar menangkapnya kemudian melepaskan yang jauh dari rumah kamu.
  2. Tutup Akses Menuju Atap
    cara mengusir kucing di atap rumah
    Ketika kucing sudah turun dari plafon ke persembunyainya, kamu bisa langsung menutup atap rumah. Nahh, biasanya kucing akan memanfaatkan celah genteng yang mana kurang rekat dengan yang lainnya sehingga bisa masuk kedalam atap rumah. Pastikan kamu untuk memeriksanya agar si kucing tidak kembali lagi ke atap rumah.
  3. Menyalakan Rekaman Suara Kucing atau Anjing
    Beberapa yang di bahas pada sebuah forum, suara tiruan kucing “mengeong” dan suara tiruan anjing juga bisa menjadi tips untuk memancing kucing yang di atap untuk turun menghampiri suara itu kalau suara kucing yang mana dikira temanya. Dan bisa saja ketakutan karena takut berkelahi dengan suara kucing serta anjing sehingga kucing yang di plafon segera melarikan diri.
  4. Melemparkan Batu ke Genteng atau Seng (Optional)
    Sebenarnya cara ini optional yah, boleh dilakukan dan boleh tidak, karena cara ini sedikit berbahaya baik itu untuk kaca rumah, dan genteng yang mana bisa rusak karena batu. Tetapi menggunakan batu juga bisa mengusir kucing di atap karena suara yang bising pada genteng atau seng ini membuat kaget dan takut si kucing yang berada di atap rumah.

Cara Mengusir Kucing Agar Tidak Buang Air Besar Sembarangan

Kalau kamu sudah membaca yang bagian atas, sekarang akan dibahas bagaimana cara mengusir kucing yang buang air besar sembarangan. Kucing liar khususnya kucing kampung di sekitar selain mencari makanan juga membuang kotoran mereka. Baunya yang sangat menyengat serta membuat risih di mata yang pastinya sangat mengganggu suasana dirumah. Nah, untuk pencegahanya serte menanggulanginya kamu bisa menerapkan beberapa cara, yaitu :

  1. Memberikan aroma bau-bauan yang tidak disukai oleh kucing di area atau pekarangan yang sering di datangi kucing untuk buang air besar, biasanya tempatnya banyak terdapat pasir dan tanah, atau bisa juga di semak-semak rerumputan.
  2. Menaruh air di botol dengan cara yang sudah di bahas di atas, taruhlah botol ini di sekitar rumah dan halaman.
  3. Menggunakan sapu lidi yang biasa untuk kasur, nah fungsi lain sapu lidi ini selain untuk membersihkan kasur juga bisa untuk mengusir kucing kok. Caranya cukup mudah, kamu cukup angkat dan goyang-goyangkan sapunya sehingga mengeluarkan bunyi berisik, kalau kucing masih tetap diam, kamu bisa memukul sapunya ke dinding atau lantai agar kucing kabur, perlu diingat bahwa jangan coba-coba memukulkan sapu ini ke kucing yah! Karena kucing juga punya perasaan dan nyawa seperti kita.
  4. Menggunakan semprotan air untuk tanaman atau burung. Cara mengusir kucing ampuh ini sudah terbukti loh! Jika ada kucing yang datang, kamu bisa menyemprotkan air ke arah kucing. Pasti langsung lari terbirit-birit karena pada dasarnya kucing itu tidak suka terkena air, dan cara ini tidak menjadikan kucing kedinginan serta aman bagi kucing.
  5. Melemparnya dengan bola kertas
    bola kertas untuk mengusir kucingYang mana terbuat dari kertas koran, kemudian dibalut dengan isolasi warna coklat. Cara kerjanya pun cukup mudah kok, ketika kucing dateng ke rumah, langsung lempar aja bola kertas tsb ke badan si meong. Jadi kucing langsung kaget dan kabur tanpa melukai si kucingnya sendiri karena bolanya lunak. Dan ketika kucing itu kembali lagi, cukup angkat bola kertas tersebut pastinya kucing sudah ketakutan karena pernah dilempar dengan bola kertas ini.
  6. Cara terakhir yaitu dengan mengejarnya sambil menghentakan kaki ke lantai atau aspal di jalan, sekalian olah raga hehe. Tapi ini terbukti ampuhh lho!

Video Cara Mengusir Kucing

Perlu diingat bahwa ketika mengusir kucing dari rumah, perlakukan mereka sebagai makhluk hidup yang patut disayangi. Walaupun tingkahnya memang mengganggu ketenangan dan kebersihan. Kita sebagai manusia harus tetap mencari cara mengusir kucing dari rumah yang manusiawi (masih ada batas kewajaran). Jangan sampai melukai seperti memukulnya dengan sapu, melempar dengan batu bahkan menghantamnya dengan benda keras, dan itu artinya kita mendzalimi dan menganiaya ciptaan Tuhan.

Nah, itulah pembahasan mengenai cara mengusir kucing yang biasa berkeliaran di sekitar rumah kita. Membutuhkan waktu dan harus sabar agar si kucing tidak kembali lagi ke rumah. Pada jaman sekarang banyak sekali relawan yang mau menampung kucing liar, kamu juga bisa meminta bantuan kepada mereka atau menyerahkan kucingnya yang sering datang ke rumah kepada mereka yang menyukai kucing dan ingin merawatnya.

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

    cara mengusir kucing, pertanda lalat masuk rumah waktu malam, banyak lalat di rumah pertanda apa, mitos lalat masuk kamar, cara menghubungi penjual di olx, pertanda lalat masuk kamar, cara membuat rumah kucing dari kardus, cara mengusir kucing liar, mitos lalat masuk rumah malam hari, cara mengusir kucing agar tidak kembali lagi

11 thoughts on “16 Cara Mengusir Kucing Liar Dengan Mudah (AMPUH!)

  1. Sy tdk setuju bl kucing liar d usir pbla dtg k rmh.seharusnya kt lbh syang pd kcg2liar mreka dtg krn lpr berikanlah mknn pasti ALloh akan mmbalas berlipat ganda bs d bc d artikel tanda2kcg mndatangi rmh kt diantaranya dia akan mmberi rizki..dsb.jd bkn d usir.ingat kch adalah kesayangan nabi

  2. Maaf admin, pertanyaannya melenceng dari judul artikel di atas. Saya sudah membaca cara mengobati kucing yg keseleo. Utk jahe dan serehnya diberikan berapa kali dalam sehari? Apa stlh diberi jahe sereh dan dbersihkan, boleh langsung kompres dg kain hangat ? Dan stlh kompres langsung di balur jahe sereh dan kain bersih lagi, apa itu tdk apa-apa?

    1. untuk pemberian jahe dan serehnya bisa diberikan minimal sehari sekali. Saya anjurkan 2x sehari untuk pagi dan malam.
      jangan langsung, jika setelah di kompres biarkan terlebih dahulu (jeda).

  3. Makasih infonya semoga bisa manfaat,, dulu saya pecinta kucing tp semenjak pindah rumah banyak kucing liar masuk ke teras rumah sampe bau pipis kucing sama pup dikursi teras kan yg seperti itu gak enak bgt bukan sekali atw dua kali sudah sering sampe kesel masalahnya bukan karena gak suka kucing cuman kucing liarnya memang menggangu
    Saya akan coba saran nya

  4. kulihat kucing di pasar gemuk-gemuk dan seger-seger. Nggak kekurangan makan kali ye? Terutama yang dekat-dekat lapak penjual ikan, ayam, dan daging. Sampek-sampek kucingnya terkantuk-kantuk n tertidur di dekat ayam. Udah kekenyangan kali ye? or sudah mblenger.

    Saya pernah baca artikel, kata nabi, kucing itu memang hewan rumahan. Dia akan berkeliaran dari rumah ke rumah, dan dia suka kehangatan. Jadi, jangan disalahkankan kucing, klo emang kucingnya datang ke rumah kita. Klo nyalahin kucing berarti nyalahin PENCIPTAnya dong.

    Lanjutnya, klo kucingnya dikurung kasihlah makan. Klo nggak dikasih makan, maka lepaskanlah, agar dia bisa mencari makanan. Nah, ngelepas kucing yang paling dia bisa survive adalah di pasar, terutama di dekat lapak-lapak yang saya sebutkan tadi.

    Entah klo sampai sana berantem dengan kucing “penguasa/preman lama”. Tak masalah. Toh kucing lama nggak mungkin ngabisin sisa makanan sebanyak itu. Toh akhirnya sisa makanan (kepala ikan, tulang ayam, sisa daging sapi) juga akan dikeruk ma tukang sampah.

  5. Bagaimana cara untuk mengusir kucing liar jantan yang datang ke rumah saya dan mengeong ngeong keras sehingga membuat induk dan anak kucing di runah saya takut

    1. itu karena kucing liar jantan sedang mencari kucing betina.. karena kucing pejantan ingin kawin. cara mengusirnya cukup mudah cukup berikan si kucing liar dengan minyak kayu putih secara perlahan agar mencium aromanya. atau bisa dengan cara menghentak-hentakan kaki ke alas. karena kucing akan takut dengan suara hentakan kaki yang dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *