Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Flu

Posted on

Cara Mengobati Kucing Flu – Nah salah satu kendala saat memelihara kucing yaitu saat kucing terkena flu. Semua jenis kucing seperti kucing anggora, persia, himalayan, russian blue, bengal atau leopard dan lainya bisa terkena penyakit flu atau pilek saat musim hujan atau dingin lho.

Buat kucing kesayangan kamu yang memang belum pernah diberikan vaksin, kemungkinan besar untuk terkena penyakit flu memang cukup tinggi karena fungsi dari vaksin ini untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Memang untuk penyakit flu tidak mematikan bagi kucing dewasa, akan tetapi untuk anak kucing yang masih berumur dibawah 1 – 3 bulan apabila terkena flu atau pilek akan sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa kucing kesayangan kamu.

Cara Mengobati Kucing Flu
Gambar kucing yang sedang sakit flu.

Penyebab Kucing Flu

Penyebab bisa dikarenakan infeksi pada hidung kucing yaitu virus herpes, cacili dan bakteri yang lainnya. Jika dibiarkan saja, flu pada kucing bisa menularkan pada kucing lainnya, bisa melalui air liur, bersin, makanan dan minuman apalagi di lingkungan kandang kucing.

sebelum untuk mengatasi kucing flu, kamu harus mengetahui tanda atau ciri-ciri kucing yang terkena flu atau pilek. Contohnya kucing demam dan bersin-bersin, nafsu makan menjadi berkurang (kucing tidak mau makan), mata terlihat memerah, batuk serta keluar cairan pada hidung kucing.

Baca Juga : Penyebab dan Solusi Kucing Tidak Mau Makan

Gejala Flu Kucing bisa dilihat pada 1 minggu pertama dan apabila kamu biarkan gejalanya akan membaik dalam 2-3 minggu. Walaupun flu pada kucing memang tidak separah flu burung atau manusia, akan tetapi kamu harus berhati-hati serta jaga jarak karena bulu kucing bisa menyebabkan sesak nafas.

Beberapa cara alami yang bisa mencegah kucing terkena flu seperti memberikan madu 1×4 jam, menaruh kucing dikandanga tau di tempat yang angat, berikan asupan nutrisi yang cukup sebagai obat flu untuk kucing dan jangan membiarkan kucing kehujanan bahkan ditinggal sendiri diluar rumah karena disaat malam hari cuaca akan semakin dingin, membuat sistem kekebalan tubuhnya menurun, maka pengganti obat flu kucing itu (asupan nutrisi yang cukup) akan sia-sia jika kamu tidak memperhatikan kondisi kucing kamu dengan benar.

Tips dan Cara Mengobati Kucing Flu

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba di rumah masing-masing sebelum membawa kucing kamu ke dokter hewan. Berikut adalah cara alternatif merawat kucing yang terkena penyakit flu atau pilek ini yang bisa kamu praktekan:

  1. Berikanlah kucing kamu suplemen dan vitamin yang sedang sakit flu, karena hal ini dapat membantu daya tahan tubuh hewan peliharaan lebih maksimal walaupun kucing kamu sedang terkena flu. Nah, jika flu atau pileknya tidak terlalu parah, dampak dalam pemberian suplemen dan vitamin akan membuat si kucing cepat sembuh.
  2. Kondisi kucing yang terkena penyakit flu atau pilek biasanya sangat rentan terhadap air. Karean itu, kamu jangan terlalu sering memandikan kucing. Coba kamu gunakana kain basah lalu usapi secara perlahan pada bulu kucing (seka) apabila hewan peliharaan kamu terlihat kotor.
  3. Kamu bisa mencoba untuk menjemur kucing di bawah terik matahari sekitar jam 8-9 pagi selama 10-30 menit. Nah, cara in berfungsi untuk membunuh uman dan bakteri yang menyebabkan kucing kamu flu. Kamu tidak perlu khawatir jika kucing terlihat bersin-bersin, karena itu memang salah satu tanda penyakit flu. Kamu bisa membersihkan ingus yang keluar dari hidung dengan tisu atau lap kering yang bersih, dan jangan lupa perhatikan kucing kesayangan kamu agar tidak kepanasan karena kelamaan menjemur kucing, sebab setiap kucing daya tahanya berbeda-beda lho.
  4. Nah ini salah satu yang kamu perlu perhatikan yaitu sesering mungkin kamu membersihkan ingus yang keluar pada hidung kucing. Sebab ingus itu sendiri mengandung berbagai kuman-kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan kucing kamu semakin parah terserang penyakit, apalagi ingus sampe mengering di muka kucing dan itu bisa fatal.

Pada saat ini, cara mengobati kucing flu atau pilek memang belum ditemukan obat khusus kucing flu, tetapi kucing yang terserang penyakit karena kekebalan yang menurun akibat kedinginan dan biasanya pemberian suplemen atau nutrisi yang masih terlalu minim.

Baca Juga : Makanan dan Minuman Terbaik Khusus Kucing Kampung

Perlu kamu perhatikan juga, bahwa jangan memberikan kucing obat flu manusia karena efeknya sangat berbahaya, yang jelas dosis untuk manusia dan hewan sangatlah berbeda. Jika gejalanya semakin parah, segeralah kamu membawa kucing kesayangan kamu ke dokter hewan terdekat.

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengobati kucing terkena flu atau pilek yang bisa saya sampaikan. Semoga setelah kamu membaca informasi yang saya berikan bisa mengatasi permasalahan kamu. Lebih baik mencegah daripada mengobati, untuk itu mari kita lebih memperhatikan kucing peliharaanya. Jangan lupa bagikan atau share artikel ini agar teman-temanmu tau informasi yang penting ini. Terimakasih.

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

    obat demam untuk kucing, obat flu untuk kucing, obat flu manusia untuk kucing, obat flu untuk kucing kampung, obat pengering luka pada kucing, cara mengobati kucing flu, kucing flu, vitamin untuk kucing flu, kucing bersin2, obat kucing bersi dan batuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *