Cara Memotong Kuku Kucing Yang Benar

Posted on

Cara Memotong Kuku Kucing – Kuku kucing memiliki peranan yang sangat penting serta menjadi senjata utama untuk kucing selain dari taringnya, kucing juga selalu merawat kukunya untuk menjadi lebih tajam untuk pertahanan. Tetapi masih banyak orang yang memelihara kucing dan kukunya ditumpulkan karena kucing terkadang merusak perabotan di rumah.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya kita tidak dibolehkan memotong kuku kucing? Sebenarnya tindakan itu tidak salah tetapi harus diluruskan. Kuku kucing yang biasa kita potong kalau bisa hanya ujungnya saja ya. Tidak semuanya sampai habis apalagi sampai di cabut, kan kasian jadinya.

Baca : Cara merawat anak kucing persia umur 1-2-3 bulan

Cara Memotong Kuku Kucing

Kalau kamu memang tidak mau membawa kucing kesayanganmu ke Pet Shop untuk digunting kukunya dan lebih memilih untuk memotong sendiri di rumah. Berikut adalah cara untuk memotong kuku kucing yang baik dan benar serta aman. Persiapkan gunting kuku kucingnya.

1. Tekan telapak kaki kucing (bantalan)

cara memotong kuku kucing
menekan telapak kaki kucing untuk mengeluarkan kuku kucing

Nah, cara ini untuk mempermudah kamu memotong kuku kucing, pertama-tama kita tekan dahulu bagian bantalan telapak jari kakinya. Kamu bisa gunakan ibu jari dan telunjuk untuk menekan dari bawah salah satu bagian jari si kucing. Cara ini agar kuku kucing keluar sehingga lebih mudah memotongnya.

2. Perhatikan posisi menggunting kuku

Cara Memotong Kuku Kucing yang baik dan Benar
Cara memotong kuku kucing yang benar

 

Cara Memotong Kuku Kucing yang salah
Cara memotong kuku kucing yang salah ,
Jika memotong secara horizontal dapat membuat kuku kucing menjadi pecah.

Hal yang peling dalam posisi memegang pemotong kuku atau dalam pemotongan kukunya yaitu dari atas (vertikal), dan yang jelas bukan dari samping. Jika dipotong dari samping nantinya kuku kucing bisa pecah.

Baca : Ciri-ciri kucing terkena penyakit toxoplasma

3. Potong bagian yang benar

Bagian Kuku Kucing yang Harus Dipotong
Bagian kuku kucing yang boleh di potong yaitu di garis merah

Kalau kuku kucing dipotong terlalu dalem si kucing bisa kesakitan, potonglah kuku kucing hanya bagian ujungnya yang terlihat tipis dan runcing sedikit. Jangan sampai kamu memotong di batas daging dan pastikan jangan memotong kuku jempolnya.

4. Satu per satu (Bertahap)

 Bagaimana Cara Memotong Kuku Kucing
Cara memotong kuku kucing yang benar dengan cara bertahap.

Cara memotong kuku kucing yang benar adalah dengan memotong kukunya satu per satu. Jadi agar memotongnya cepat selesai dan hasilnya rapi.

5. Hati-hati

Memotong kuku kucing saling berhubungan dengan kesehatan kucing, kamu harus lebih berhati-hati dan telaten dalam memotongnya. INGAT! Jangan sampai memotong bagian quick atau kuku bagian tengah. Bisa-bisa kuku kucing berdarah dan si kucing kesakitan.

6. Lakukan Secara Berkala

Biasakan kamu untuk menyempatkan memotong kuku kucing, setidaknya memotong nya 2 minggu sekali. Ketika kuku sudah mulai meruncing dan memanjang, kamu bisa langsung memotongnya tanpa basa-basi.

Baca Juga : 10 Tanda-tanda kucing kamu akan mati

Tips Ketika Memotong Kuku Kucing

1. Waktu Pemotongan Kuku

Nah, sudah dijelaskan di nomor 6, yaitu dalam pemotongan kuku waktu yang pas itu 2 minggu sekali atau bisa juga 1 bulan sekali. Ketika kuku kucing kamu sudah mulai meruncing dan pastinya suka mencakar perabotan rumah. Makanya kalau bisa kamu menyediakan tempat untuk mencakar-cakar kucing seperti board claws atau cat claws.

2. Biasakan dari usia kitten

Usia kucing dalam memotong kuku kucing
Perhatikan usia kucing dalam pemotongan kuku kucing

Kamu memiliki kucing kitten (bayi), usahakan kamu untuk membiasakan kucing kamu dipotong kukunya. Kalau sudah biasa dipotong kukunya sejak kecil, nantinya dia tidak akan merasa takut untuk dipotong dan yang jelas anteng (Tidak rewel). Sangat berbeda jika kamu memotong kuku kucing ketika sudah besar dan baru pernah dipotong kukunya, yang jelas pasti akan terasa susah untuk dipotong dan si kucing merasa tidak nyaman dan mengamuk!

3. Jeda pemotongan

Buat kucing yang memang baru pernah dipotong kukunya atau tidak suka dipotong, kamu bisa memberikan jeda waktu dalam pemotongan kuku. Misalnya dalam memotong satu bagian kuku atau dua bagian kuku dalam satu hari, kemudian untuk sisanya bisa dilakukan keesokan harinya. Cara ini supaya kucing tidak marah dan untuk membiasakan diri.

4. Kenyamanan

Nah, proses pemotongan kuku kucing juga memperhatikan proses kenyamanan. Kalau bisa kamu dibantu temanya agar lebih nyaman dalam memotong kuku kucing, disamping itu supaya kucing juga tidak mengamuk.

Baca Juga : Jenis kucing bengal yang asli

5. Kikir supaya tumpul untuk menghindari Cat Scratch Disease (Tetanus)

Periksa kondisi kuku kucing sebelum memotongnya
Periksa terlebih dahulu sebelum memotong kuku kucing.

Hal penting yang harus diperhatikan yaitu ketika dalam pemotongan kuku kucing, terlihat seperti gatal-gatal atau jangkitan kurap serta fungus dan sejenisnya. Lebih baik jangan di potong, karena penyakit bisa menyerang lewat celah kuku yang baru dipotong, kikir saja bagian kuku kucing dan dalam mengikirnya tidak terlalu dalam atau sekedar menumpulkan saja, ini lebih baik ketimbang memotongnya langsung, maka sebelumnya perhatikan dahulu kondisi kuku kucing kamu ya!

Kalau kamu sudah membaca artikel ini sampai selesai pastinya kamu lebih memahami Cara Memotong Kuku Kucing Yang Benar, kamu bisa melakukan cara mudah memotong kuku kucing sendiri di rumah kamu masing-masing. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

    cara memotong kuku kucing, cara menggunting kuku kucing, nqentot, memotong kuku kucing, gunting kuku kucing, cara potong kuku kucing, cara memotong kuku, kuku kucing, cara memotong kaki kucing, memotong kuku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *